Jember Kota Pandhalungan

Musim Hujan, Galakkan PSN

65 views

logo-waspada-demam-berdarahPenyakit Demam Berdarah Dengue, atau dalam bahasa medis dikenal dengan Dengue Hemorrhagic Fever (DHF),  adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, yang mana menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan pada sistem pembekuan darah, sehingga mengakibatkan perdarahan-perdarahan.

            Untuk itu, pencegahan harus dilakukan semenjak awal, terlebih saat musim hujan berlangsung, karena disaat musim hujan seperti saat ini, dapat ditemui dengan mudah, genangan-genangan air, tumpukan sampah seperti kaleng, botol bekas, yang terseret air hujan, sehingga menumpuk dalam genangan air tersebut.Dengan kondisi lingkungan yang semacam ini, tempat-tempat tersebut berpotensi untuk dijadikan sarang nyamuk aedes, sehingga perlu dilakukan pencegahan-pencegahan, terlebih  pada daerah endemis.

             KASI promosi dan UKBM Dinkes, Yumarlis mengatakan bahwa untuk wilayah diJember , hampir seluruh kecamatan merupakan daerah endemis “ sarang nyamuk aedes biasanya pada genangan-genangan air yang jernih, untuk itu kita harus waspada dengan melakukan pencegahan, terutama di daerah endemis, daerah endemis itu merupakan daerah dimana selama 3 kali berturut-turut terjadi kasus DB” paparnya.

Ia juga menambahkan, bahwa untuk tindakan pencegahan yang utama akan penyakit DB, tetap PSN, yakni Pemberantasan Sarang Nyamuk, . itu bisa dilakukan dengan upaya 3M, yakni mengubur barang-barang yang tak terpakai, menguras bak madi secara teratur, dan menutup tempat penampungan air.

Selain itu, kesadaran dari masyarakat juga sangat penting, dengan adanya kepedulian terhadap lingkungan, tetap menjaga lingkungan, sehingga lingkunga tetap bersih,untuk itu,  perlu kerjasama yang baik pula dari masyarakat. (*)

No Response

Comments are closed.