Jember Kota Pandhalungan

Musrenbang RPJMD, Wujud Sinergitas Pembangunan Kabupaten, Provinsi dan Pusat

Bertempat di Aula PB. Sudirman gedung Pemkab Jember, Kamis pagi (30/06/2016) diselenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Jember Tahun 2016 – 2021. Sebagai informasi, Dokumen RPJMD Kab. Jember sendiri telah tersusun dalam 1 (satu) buku, yang mana dokumen RPJMD ini berisi tentang dokumen perencanaan pembangunan Kabupaten Jember dalam jangka 5 (lima) tahun kedepan. Dimana di dalamnya terdapat visi, misi dan program dari Bupati Jember, tujuan, sasaran dan kebijakan pembangunan yang merespon kebutuhan dan aspirasi masyarakat, serta sebagai parameter dari keberhasilan pembangunan Kabupaten Jember selama 5 (lima) tahun kedepan.

Musyawarah ini tentu dihadiri secara langsung oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, Ketua DPRD Kab. Jember H. Muhammad Thoif Zamroni, Kepala Bidang Ekonomi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur, Ir. Arief Tri Hardjoko, MT., segenap jajaran forkompinda Kab Jember/yang mewakili, sejumlah Kepala SKPD Kab. Jember serta tamu undangan dari kalangan aktifis, ormas dan tokoh masyarakat.

Dalam Laporan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kabupaten Jember, Dr. H. Edy Susilo, M.Si, menyatakan, “pelaksanaan Musrenbag RPJMD tahun 2016 – 2021 sesuai dengan undang-undang tentang sistem rancangan pembangunan Musrenbang dan undang-undang tentang Pemerintahan Daerah, bahwa RPJMD sebagai rencana tahunan, selain RPJMD juga harus memperhatikan argumen yang mendukung dan meluruskan pembangunan Jember dalam 5 tahun kedepan. Karena sangat diperlukan argumensasi perencanaan pembangunan daerah, RPJMD selanjutnya menjadi pedoman bagi Kabupaten Jember 5 tahun kedepan, proses penyusunan RPJMD dilakukan beberapa tahap, mulai dari persiapan penyusunan, penyusunan rangkaian awal, penyusunan rangkaian akhir.

Sementara itu Ir. Arief Tri Hardjoko,MT., Kepala Bidang Ekonomi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur menyampaikan, “Pokok-pokok kebijakan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur, dan sinkronisasi RPJMD Provinsi Jawa Timur dengan RPJMD Kabupaten Jember, Pembangunan Daerah (Pasal 258), target pembangunan nasional K/L + Prov + Kab/Kota sinkronisasi dan harmonisasi koordinasi teknis dikoordinasikan oleh Menteri Dalam Negeri dengan Menteri bidang perencanaan”.

“Target pembangunan Provinsi + Kabupaten, koordinasi teknis pembangunan dilaksanakan oleh gubernur sebagai wakil pemeritah pusat dengan pembangunan daerah dengan peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan usaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik, serta daya saing daerah. Perencanaan pembangunan daerah (pasal 260, pasal 261 & pasal 262) daerah sesuai dengan kewenangannya menyusun rencana pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional, rencana Pembangunan Nasional (RPJPN/RPJMN/RKP dikoordinasikan, disinergikan dan diharmonisasikan oleh BAPPEDA PROVINSI)”.

“Rencana pembangunan daerah Provinsi, Kab/Kota menggunakan pendekatan teknokratik, partisipatif, politis, atas-bawah, dan bawah-atas, dirumuskan secara transaparan, responsif, efisien, efektif, akuntabel, partisipatif, terukur, berkeadilan dan berwawasan lingkungan”, tambah Kabid Ekonomi Bapeda Provinsi Jawa Timur.

Dalam kesempatan ini Bupati Faida menyampaikan, “yang disampaikan kepada DPRD terkait dengan rancangan peraturan daerah tentang RPJMD untuk dibahas dan memperoleh persetujuan bersama dan dikonsultasikan kepada gubernur sebelum ditetapkan sebagai peraturan daerah kabupaten Jember dalam RPJMD Kab Jember 2016 – 2021”.

Bupati menambahkan, bahwa “pengukuran keberhasilan RPJMD tercapai visi misinya tercermin dalam pencapaian indikator, pertumbuhan ekonomi yang diperhatikan secara khusus, akan terus berlangsung untuk pembangunan Kabupaten Jember untuk 5 tahun kedepan. Rancangan RPJMD Kabupaten Jember tahun 2016 – 2021 keterkaitan visi, misi, tujuan dan sasaran terhadap 22 janji kerja Bupati dan Wabup Jember, salah satunya jember maju IPTEK dan IMTAK, sekolah gratis hingga tingkat SMA/SMK dengan misi meningkatkan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yang berkeadilan, tujuannya meningkatkan pemerataan perluasan dan mutu terhadap akses pendidikan dan menurunya angka buta huruf secara signifikan dalam rangka mewujudkan Jember yang maju dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dengan sasaran meningkatnya akses pendidikan menengah yang berkualitas”.

Masih menurut Bupati Faida, “Indikator Angka Partisipasi Murni (APM), Angka Partisipasi Kasar (APK), targetnya SD/MI saat ini 99,975 akhir RPJMD 100% SMP/MTs saat ini : 79,04% akhir RPJMD: 100%, SMA/SMK saat ini : 49,85 % akhir RPJMD : 100%, dengan program wajib belajar pendidikan dasar dan menengah 12 tahun gratis, peningkatan mutu pendidikan dan tenaga pendidik, peningkatan sarana dan prasarana, program pembangunan perpustakaan sekolah”. [Mutia]

No Response

Leave a reply "Musrenbang RPJMD, Wujud Sinergitas Pembangunan Kabupaten, Provinsi dan Pusat"