Jember Kota Pandhalungan

Nasdem Dorong Optimisme, PKS Nilai Pemkab Tepat

Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) mendorong optimisme dalam memberikan yang terbaik buat masyarakat di tengah minimnya serapan anggaran belanja langsung dalam pelaksanaan APBD 2016.

Hal itu disampaikan saat Pemandangan Umum Fraksi atas Nota Pengantar Raperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2016 dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Jember, Selasa (8/11/2016)

“Fraksi Partai Nasdem berharap agar perubahan anggaran disusun berdasarkan pendekatan prestasi kerja dengan tetap mengacu pada pemenuhan kepentingan umum masyarakat,” ujar Bambang, juru bicara Fraksi Partai Nasdem.

Alokasi anggaran belanja langsung berupa kegiatan harus dilengkapi indikator kinerja yang meliputi input, output, dan outcome.

Fraksi Nasdem juga berharap perubahan anggaran tetap memprioritaskan sektor pendidikan, kesehatan, pertanian, dan pembangunan infrastruktur.

Juru bicara Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mashuri Hariyanto menyampaikan, kebijakan pemerintah daerah terkait defisit sudah tepat. Yakni dengan memanfaatkan anggaran yang berasal dari perkiraan sisa lebih Perhitungan Anggaran Tahun Lalu. Kebijakan rasionalisasi belanja juga dinilai tepat.

Terkait perubahan pendapatan daerah, PKS mendorong terjadinya peningkatan signifikan pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) sesuai estimasi perubahan pendapatan asli daerah. “Meskipun Pendapatan Daerah pada perubahan APBD 2016 ini direncanakan turun 6,88 persen, dari Rp. 3,4 triliun menjadi Rp. 3,2 triliun akibat penurunan Lain lain Pendapatan Yang Sah,” jelasnya.

Rencana kenaikan belanja langsung dan belanja tidak langsung, Fraksi PKS berharap agar benar benar direalisasikan untuk kebutuhan yang mendesak. “Dengan fokus pada peningkatan pelayanan dasar, baik di bidang infrastruktur, kesehatan, maupun pendidikan. Oleh karena itu, Fraksi PKS telah mengusulkan perubahan peningkatan anggaran untuk bidang bidang itu,” jelasnya. (*F2)

No Response

Leave a reply "Nasdem Dorong Optimisme, PKS Nilai Pemkab Tepat"