Jember Kota Pandhalungan

Optimalkan Sumber Daya

383 views

TourismPariwisata merupakan salah satu sektor andalan dari hampir setiap pemerintah daerah di Indonesia untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Oleh karena itu pemanfaatan, pengembangan, pengelolaan dan pembiayaan kawasan wisata harus mendapat perhatian serius dari pemerintah.

Dalam pengembangan sektor kepariwisataan ini, haruslah melibatkan peran berbagai pihak. Tidak hanya unsur pemerintah saja, tapi juga stakesholder yang terkait serta partisipasi seluruh lapisan masyarakat.

Pengembangan sektor pariwisata ini, tidak bisa dipisahkan dari keberadaan masyarakat sebagai pihak yang langsung maupun tidak, akan menjadi tuan rumah dari wisatawan yang datang. Karena itu, peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM) di bidang kepariwisataan, merupakan sebuah keniscayaan yang mesti dilakukan.

Kabupaten Jember merupakan daerah dengan kondisi alam yang terdiri dari kawasan pertanian (tanaman pangan, buah dan hortikultura) perkebunan (BUMN dan BUMD), serta kehutanan, pegunungan dan laut. Pada kondisi geografis yang seperti ini, Kabupaten Jember, memiliki beberapa potensi kepariwisataan yang jika dikembangkan, tidak hanya akan memberikan kontribusi besar terhadap PAD, tapi juga peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

Di daerah ini juga terdapat peninggalan purbakala, peninggalan sejarah, serta seni dan budaya yang semuanya itu merupakan sumber daya dan modal yang besar artinya bagi usaha pengembangan dan peningkatan kepariwisataan. Modal tersebut harus dimanfaatkan secara optimal melalui penyelenggaraan kepariwisataan

Pembangunan dan program pengembangan pariwisata memainkan peranan yang sangat penting dalam strategi pembangunan ekonomi di era yang sudah sedemikian mengglobal ini. Oleh karenanya, tidak ada pilihan, pada era globalisasi dan otonomi daerah seperti sekarang ini, daerah harus berani melangkah lebih jauh untuk meningkatkan kemampuannya dalam memberdayakan potensi dan karakter lokal yang mampu bersaing, baik secara nasional maupun internasional.

Ada beberapa hal yang patut menjadi perhatian, dalam upaya mengembangkan sektor kepariwisataan. Diantaranya, adanya ketersediaan sarana prasarana yang dibutuhkan, seperti jaringan transportasi/aksesibilitas antar kawasan wisata dan daerah lain yang memadai serta tersedianya pusat jaringan publik.

Dampak positif yang akan ditimbulkan dari pengembangan sektor kepariwisataan ini, adalah semakin terbuka kesempatan berusaha bagi masyarakat. Misalnya, membuka penginapan baru (hotel dan sejenisnya), rumah makan, caffe, usaha di bidang hiburan, perusahaan travel, produsen maupun penjualan barang cinderamata, serta pedagang kaki lima (PKL) dan sebagainya.

Berkembangnya usaha ekonomi masyarakat tersebut, dengan sendirinya akan diikuti terbukanya kesempatan kerja. Terserapnya angkatan kerja melalui usaha ekonomi yang baru dikembangkan ini pada akhirnya akan turut meningkatkan pendapatan masyarakat.

Semua itu bisa tercipta dengan baik, apabila ada upaya dan kerjasama antara pihak pemerintah dengan stakeholder di bidang kepariwisataan. Karena itu perlu kiranya ada kebijakan yang mendororng pengembangan kegiatan kepariwisataan.

No Response

Comments are closed.