Kerja Nyata

Pandhalungan, Tempat Berkumpul Budaya Indonesia

Komandan Kodim 0824 / Jember Letkol Inf. Rudianto menyebut Kabupaten Jember sebagai tempat berkumpulnya budaya dari seluruh Indonesia.

“Pandhalungan asal katanya Ndalung, (yang artinya) periuk besar. Tempat berkumpulnya semua yang ada. Boleh dikatakan Jember ini tempat berkumpulnya budaya yang ada di Indonesia,” ujar Letkol Inf. Rudianto.

Pernyataan itu disampaikan saat memberikan sambutan pada acara Pandhalungan Night Show di Jember Edu Garden, Jumat (24/2/2017) malam.

Pada acara tersebut, Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., juga nampak hadir beserta sejumlah pejabat Pemkab Jember seperti Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Dedi M Nurahmadi serta Kabag Humas dan Protokoler, Sri Wahyuniati SH.

Komandan Kodim juga menilai tingkat kreatifitas masyarakat Jember. Dikatakannya, kreatifitas masyarakat Jember berada di atas rata rata masyarakat di Indonesia.

“Buktinya, banyak even di Jember yang menjadi tolak ukur di Indonesia,” ujarnya. Salah satu contohnya yakni Jember Fashion Carnaval (JFC) yang lahir di Jember dan kemudian diikuti oleh daerah lain.

Pandhalungan Night Show juga menjadi even yang tidak semua daerah mampu melaksanakan. “Mudah-mudahan ini menjadi energi yang baik untuk daerah kita,” harapnya.

Pandhalungan Night Show (PNS) telah memasuki edisi keempat. Gelaran setiap Jumat malam ini diisi puluhan macam kesenian. Ratusan seniman pun terlibat dalam even ini.

Pada edisi keempat, PNS menyuguhkan nyanyian anak jalanan. Dilanjutkan sajian musik patrol SMP 3 Tanggul. Tampilan semakin menarik ketika paduan suara SMA Negeri 1 Jember yang menyanyikan lagu lagu mainan anak anak.

Kemudian tari Lahbako dari SMA Negeri 5 Kencong. Juga ikut andil dalam pentas itu yakni penyandang disabilitas yang bermain musik dan menyanyi.

PNS juga menampilkan Tari Remo, Barongsai, Seni Hadrah Umbulsari, serta seni pencak silat dari Perguruan Setia Hati Teratai (PSHT). Serta sejumlah kesenian lainnya.

Momen menarik terjadi ketika flash mob. Semua peserta dan penonton terlibat menari bersama di tengah lapangan. Bupati, Dandim, serta pejabat lainnya didapuk ikut menari. (*f2/Izza)

No Response

Leave a reply "Pandhalungan, Tempat Berkumpul Budaya Indonesia"