Jember Kota Pandhalungan

Panen Raya Perdana “Petani Makmur, Negara Sejahtera”

Panen Raya Perdana “Petani Makmur, Negara Sejahtera”

12439421_935092729879950_343048885503568957_nWakil Bupati Jember, KH Muqiet Arif, didampingi oleh Dandim 0824 Jember, Letkol Muhammad Nas, dan jajaran Muspika Kecamatan Kalisat, termasuk Kadisperta, Ir. Hari Widjayadi dan Kadibunhut, Ir Mahfud, di Desa Gambiran, Kacamatan Kalisat, 7/04.

Dalam kegiatan ini juga dicanangkan oleh Wakil Bupati Jember penggunaan pupuk organik untuk tanaman padi. yang bertujuan agar tetap terjaganya unsur hara tanah, maka diminta setiap PPL Pertanian untuk mendampingi para petani dalam rangka penggunaan pupuk organik.

Dalam acara Panen raya tersebut juga, di tanda tangani oleh Wakil Bupati MoU dengan PT Phonska dalam rangka penggunaan Pupuk organik bagi lahan Persawahan di Jember. Termasuk juga,MoU antara petani dengan Bulog Divre Jember untuk pembelian hasil panen di Kabupaten Jember.

Wakil Bupati Jember, KH Muqiet Arif juga menyerahkan dana bantuan asuransi persawahan sebesar 15 juta untuk petani Jember dari PT Asuransi Jasindo. Dikatakan Oleh Wakil Bupati, KH Muqiet Arif, agar dengan adanya acara panen raya ini bisa merangsang semua petani untuk tetap menggunakan pupuk organik yang hasil lebih banyak dan lebih berkualitas dibanding petani menggunakan pupuk kimia. “Stigma petani harus dirubah, bahwa menggunakan pupuk organik ini juga tidak kalah hasilnya dengan menggunakan pupuk anorganik, bahkan jauh lebih baik menggunakan pupuk organik”, ungkapnya.

12919823_935093683213188_1993830622428319988_n

Sementara itu Menurut Drs. H. Muhsin, Ketua KTNA Jember meminta agar Harga Pembelian Pasar (HPP) yang mencapai kisaran 3.700/kg gabah kering ini bisa dari bulog ini terlalu rendah di era sekarang ini, dimana kebutuhan masyarakat yang begitu tinggi. Untuk itu, hendaknya ada subsidi dari Pemerintah sehingga HPP tersebut bisa diatas 3.700/kg.

Untuk meningkatkan kualitas pertanian di wilayah utara, utamanya Kalisat. Camat Kalisat, Sumanto, juga meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati Jember dalam hal ini Dunas Terkait untuk mendirikan Sekolah Lapang Pertanian Hama Terpadu (SLPHT) dan Sekolah Lapang Pertanian Tanaman Terpadu (SLPTT), sehingga dengan adanya SLPHT dan SLPTT tersebut, petani bisa mengetahui apa yang harus ditanam pada bulan ini.

Hal ini, lanjutnya, juga merupakan program peningkatan SDM yang sudah terangkum dalam 22 janji kerja, yaitu 1 desa 1 dosen. Sumanto berharap dengan adanya sekolah-sekolah lapang ini, mampu meningkatkan kualitas hasil pertanian di Kabupaten Jember.

Acara Panen Raya Padi tersebut juga diberikan bantuan pupuk kering dan pupuk cair organik oleh Wakil Bupati Jember dari bantuan PT Phonska Indonesia.

No Response

Leave a reply "Panen Raya Perdana “Petani Makmur, Negara Sejahtera”"