Jember Kota Pandhalungan

Pangdam V Brawijaya Buka Bakti Sosial Operasi Gratis 5.000 Dhuafa

Pangdam V Brawijaya, Mayor Jenderal I Made Sukadana membuka acara bakti sosial operasi gratis bagi 5.000 kaum dhuafa di RS Bina Sehat Jember, Jumat (22/7/2016).

“Kaitan yang jelas (dengan program Kodam) adalah pembinaan teritori, yang menjadi fungsi utama TNI. TNI itu ingin menyatu dengan rakyat. Caranya ya seperti ini, bakti sosial supaya lebih dekat,” terang Pangdam kepada sejumlah wartawan.

Pada bakti sosial ini, lanjutnya, Babinsa menjadi ujung terdepan membantu pemerintah daerah untuk menyelenggarakan bakti sosial ini. “Siapapun yang mempunyai inisiatif, TNI siap membantu,” ujarnya.

Ditegaskannya, target TNI dalam aksi kemanusiaan itu adalah manunggalnya TNI dengan rakyat.

“Karena sistem pertahanan kita masih sistem pertahanan rakyat semesta,” jelasnya. “Karena itu kemanunggalan rakyat dengan TNI harus dibina terus, melalui kegiatan ini salah satunya,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., menjelaskan aksi kemanusiaan operasi gratis itu merupakan sinergi lanjutan.

“Sebelumnya, operasi gratis ini dikerjakan bersama TNI. Babinsa dan relawan dhuafa mencari dan mengantarkan pasien,” jelasnya.

Bupati bercerita tentang pengalaman pasien dari daerah terpencil seperti seorang pasien bibir sumbing dari Bande Alit.

Pasien itu harus naik kuda lalu naik motor dibonceng oleh Babinsa, baru bisa sampai di Bina Sehat.

“Karena itu, perlu sinergisitas banyak pihak karena meskipun ini gratis mereka ini tidak serta merta bisa datang ke rumah sakit bina sehat mereka bukan hanya tidak punya uang, tapi mereka miskin informasi dan miskin transportasi,” ungkapnya.

Dijelaskan bupati, biaya operasi gratis mayoritas dari zakat keluarga besar RS Bina Sehat dan RS Al Huda Banyuwangi, CSR (corporate social responsibility) rumah sakit, dan bantuan dari dermawan.

Sedikitnya operasi itu melibatkan 21 dokter TNI. Mereka akan melakukan operasi sembilan kasus penyakit, yakni katarak, hernia, bibir sumbing, CTEV, polidaktili, hidrochepalus, meningocel, enchepalocel, hipospadia.

Jumlah pasien yang akan menjalani operasi dijadwalkan sebanyak 5.000. Namun, kata bupati, pendaftar mencapai 11.500.

“Pasien terjauh dari Papua, karena ada relawan TNI dari Jember yang dipindah tugas ke Papua,” ujar Bupati.

Hadir dalam kegiatan itu Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI I Made Suasana, SIP, Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., Wakil Bupati, Drs. KH. A. Muqiet Arif, Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni. Juga datang perwakilan bupati Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi. Dandim 0824 Jember, Letkol Inf. Mohamad Nas. (*f2, photo Izza, Mutia)

No Response

Leave a reply "Pangdam V Brawijaya Buka Bakti Sosial Operasi Gratis 5.000 Dhuafa"