Jember Kota Pandhalungan

PEDULI LINGKUNGAN, PRODUKSI SAUS PEPAYA

Hidup sehat pasti menjadi idaman bagi setiap orang, salah satu faktor yang paling menentukan untuk mewujudkan hidup sehat adalah makanan. Makanan menjadi faktor penting karena berhubungan langsung dengan organ tubuh, jika makanan yang kita konsumsi salah, akan berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.

Jadi tak heran, jika banyak orang yang memilih makanan saat akan mengkonsumsinya, terlebih makanan yang dibuat dengan campuran bahan pengawet, seperti saus meskipun bukan makanan utama, namun saus banyak dikonsumsi orang setiap harinya, baik dimakan untuk campuran bakso, nasi goreng, mie, dan makanan lainnya.

“Saya kalau makan bakso, atau kerupuk biasanya dengan saus, saya senang makan saus, karena rasanya enak, anak-anak saya juga senang kalau makan dengan saus, terutama saus sambel, tapi biasanya saya lihat dulu, sausnya enak apa tidak, kadang ada saus yang tidak enak dan ada ulatnya”, ujar Sri, salah seorang penggemar saus.

Namun kadang banyak juga orang yang terkecoh saat memilih makanan yang satu ini, ada beberapa saus yang warnanya bagus, namun tidak sehat karena bahan pewarnanya yang berlebihan.

Berangkat dari itulah, warga masyarakat Ledokombo yang peduli terhadap kesehatan, melakukan terobosan baru dengan membuat saus alami yang sudah terjamin kesehatannya. “Awalnya saya tidak begitu peduli dengan beragam saus yang beredar dipasaran, namun akhirnya setelah mengikuti pelatihan yang diadakan PKBM Ledokombo bekerjasama dengan Kemenakertrans RI pada november tahun lalu, pikiran saya menjadi lebih terbuka, terlebih saat beberapa pemateri menjelaskan tentang bagaimana makanan sehat dan pengaruhnya, untuk itu kami berusaha menciptakan makanan sehat, kami mulai dari hal pembuatan saus ini”, ujar Suwartono, koordinator tim Kuliner saat pelatihan kewirausahaan beberapa bulan lalu.

Ia juga menjelaskan bahwa pembuatan saus ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan kewirausahaan, jadi ia bersama timnya masih tetap melakukan koordinasi, untuk bereksperimen membuat makanan sehat, dan sementara ini, masih memproduksi saus sehat yang semua bahannya menggunakan bahan alami.

“Pembuatan saus sehat ini sebenarnya mudah, bahan-bahannya pun mudah didapatkan, bahannya seperti pepaya masak, tomat, rempah-rempah, kemiri, gula dan garam, selain itu proses pembuatannya juga mudah, jadi pertama pepaya itu dihaluskan dengan blender, setelah itu bahan lainnya dicampurkan, setelah halus, saus langsung dimasukkan dalam botol”, ujar Suwartono.

Dan ternyata usaha mereka tidak sia-sia, karena saus sehat buatan masyarakat Ledokombo ini, ternyata mendapat respon baik di pasaran, hal itu dibuktikan dengan mulai banyaknya pesanan yang datang.

“Ada yang memesan, tapi masih terbatas, karena ini kan baru tahap awal produksi dan sekaligus promosi, kalau untuk harganya masih belum pasti, karena ini kan masih dalam tahap promosi, harga saat ini untuk promosi ada, tapi masih belum menjadi patokan yang pasti”, tegasnya.

Hingga saat ini, Suwartono bersama teman-temannya, masih terus melakukan perbaikan rasa agar rasa saus sehat alami yang mereka buat lebih sempurna lagi, jika saat ini masih ada 3 rasa, yakni rasa manis, asin, dan rasa sedang, akan ada lagi inovasi rasa baru, yang saat ini masih dalam proses pengembangan.

Saus sehat alami dari pepaya ini, bertahan hingga 1 minggu “Kalau untuk saus ini bertahan hingga satu minggu, namun jika ditaruh dalam lemari es, akan bertahan hingga satu bulan”, ujar Suwartono.

Untuk kedepannya, Suwartono bersama teman-temannya, juga akan membuat terobosan baru lainnya, seperti makanan sehat dari jamur, dan olahan lain yang menyehatkan. (Fera Dwi Aprilianti)

No Response

Comments are closed.