Jember Kota Pandhalungan

Pekan Imunisasi Nasional (PIN)

PINApa itu PIN Polio? PIN Polio merupakan pemberian imunisasi tambahan polio kepada anak usia 0 s/d 59 bulan tanpa memandang status imunisasi. Tujuannya guna memastikan tingkat imunitas terhadap polio di populasi (herd immunity) cukup tinggi dengan cakupan >95% dan memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada kelompok umur 0-59 bulan terhadap kemungkinan munculnya kasus polio yang disebabkan oleh virus polio Sabin.

Penyakit Polio merupakan penyakit pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus Polio. Penyebaran penyakit ini melalui kotoran manusia (tinja) yang terkontaminasi. Kelumpuhan dimulai dengan gejala demam, nyeri otot dan kelumpuhan pada minggu pertama sakit, kemudian bisa terjadi karena kelumpuhan otot pernafasan yang tidak ditangani segera.

PIN Polio serentak dilaksanakan 8 Maret 2016, untuk di Pos PIN Utama yaitu di POSYANDU.

Dan, di Pos PIN Tambahan/Fasyankes mulai 8 s/d 15 Maret 2016, Pos PIN Tambahan meliputi Polindes, Poskesdes, Puskesmas, Puskesmas pembantu, Klinik swasta dan Rumah Sakit serta pos pelayanan imunisasi lainnya di bawah koordinasi Dinas Kesehatan setempat (Terminal, Stasiun, Pasar, Mall)

No Response

Leave a reply "Pekan Imunisasi Nasional (PIN)"