Jember Kota Pandhalungan

Pelaantikan 58 Kepala Desa Terpilih

pelantikan Kepala Desa JemberBupati Jember MZA Djalal mengambil sumpah dan melantik 58 Kepala Desa (Kades) terpilih di aula PB Sudirman, kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Senin (8/12). 58 Kades terpilih itu merupakan hasil dari pemilihan kepala desa serentak yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Dalam sambutannya,  MZA Djalal mengucapkan selamat kepada seluruh kepala desa terpilih, dan diharapkan dapat bekerja dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, di desa masing-masing. “Mari bekerja bersama saya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata MZA Djalal.

Menurutnya, Kepala desa harus bisa bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Jember. Bupati Jember juga mempersilahkan seluruh kades untuk berkomunikasi dan berkonsultasi dengan pemerintah kabupaten Jember, apabila menemui berbagai kendala dalam tugas-tugasnya menjalankan tugas pemerintahan di desa.

“Apabila menemui kesulitan, silahkan menemui saya, atau bapak wakil bupati, atau bapak Sekda, pak Camat, ataupun kepada Pak Kapolsek dan Pak Danramil. Silahkan sering berkomunikasi dan berkonsultasi dengan jajaran SKPD sesuai dengan urusan yang dibutuhkan,” papar MZA Djalal.

Dalam kesempatan itu, Bupati Jember MZA Djalal memerintahkan seluruh kepala desa terpilih untuk mempelajari berbagai aturan perundangan terkait pelaksanaan pemerintahan di desa. Pasalnya dalam aturan perundangan itu terkandung berbagai tugas, kewajiban dan kewenangan, serta hak-hak kepala desa, yang harus dipahami oleh masing-masing kepala desa. “Dengan memahami aturan, maka kepala desa dapat bekerja dengan baik dan memiliki payung hukum atas apa yang dikerjakan,” tegasnya.

MZA Djalal juga menegaskan agar kepala desa mampu menggerakkan masyarakat desa untuk membangun desa. Kepala Desa mempunyai peran yang sangat penting dalam menggerakkan masyarakat desa dalam pembangunan fisik maupun non fisik.

Kepala desa juga dinilai memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong masyarakat untuk memahami hak danm kewajibannya. Sehingga masyarakat tidak hanya menuntut haknya semata teapi juga mampu memenuhi kewajibannya, seperti membayar pajak, dan mematuhi berbagai aturan yang berlaku.

Selain itu, kepala desa diharapkan mampu menggerakkan masyarakat desa secara bersama-sama tanpa membedakan golongan ataupun hal lainnya. Sehingga, seluruh masyarakat desa dapat ikut serta berperan dan bergotong royong dalam pembangunan desa. “Pada waktu pemilihan, masyarakt terkelompok dalam beberapa golongan pendukung. Namun kini semua sudah selesai, maka harus bersama-sama ikut membangun desa,” kata MZA Djalal.

MZA Djalal juga mengingatkan agar setiap kepala desa ikut serta mendorong peran PKK dalam pembangunan desa. Selain itu, Pemerintah kabupaten Jember juga telah mengalokasikan anggaran yang harus dilaksanakan oleh PKK, dalam subsidi anggaran dana desa. “Kesimpulannya adalah, bahwa kepala desa harus dapat menyejahterakan masyarakat desa, dalam arti yang luas,” paparnya.

Pada pelantikan  kepala desa terpilih kali ini, seyogyanya diikuti oleh 59 orang kepala desa terpilih. Satu orang kepala desa terpilih baru akan dilantik pada Bulan Januari 2015 mendatang, karena berakhirnya masa kerja Kepala Desa yang ada baru akan berakhir pada Januari 2015 mendatang.(*)

No Response

Comments are closed.