Pemerintah Kabupaten Jember Dukung Program Ma’arif NU

Pemerintah Kabupaten Jember mendukung seutuhnya program Ma’arif NU untuk menjadikan guru di lingkungan NU memiliki kompetensi.

Dukungan ini disampaikan Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., dalam acara Khatmil Al Qur’an dan Wisuda 2500 Santri TPQ dan Madin Pasca TPQ Maarif NU Cabang Jember Metode Allimna di Gedung Olahraga PKPSO, Minggu (22/04/18).

Didampingi Wakil Bupati Drs. KH. Abdul Muqit Arief, bupati menegaskan pemerintah menanggung biaya ujian kompetensi bagi guru yang menempuh ujian tersebut.

“Menjadikan guru-guru yang berkompetensi, dengan biaya gratis dari pemerintah bagi guru pengajar yang belum menyelesaikan ujian kompetensi,” jelasnya di hadapan ribuan santri dan wali santri.

Lebih jauh Bupati Faida mengapresiasi upaya yang dilakukan Ma’arif NU Jember dalam membangun sumberdaya manusia di Kabupaten Jember.

Selanjutnya bupati menyampaikan beberapa program pemerintah. Diantaranya, seluruh guru ngaji, muadzin, marbot dan yang serupa, mendapat asuransi kesehatan dari pemerintah.

Bupati Faida kebijakannya untuk mengapresiasi hafidz dan hafidzoh hingga jenjang SMA di Kabupaten Jember, dengan membebaskan memilih sekolah dimanapun di Kabupaten Jember.

Pemerintah juga berupaya agar pelajar yang beragama Islam untuk melek baca Al Qur’an, karena tidak semua anak memiliki kesempatan untuk belajar mengaji.

Upaya itu dilakukan melalui program Satu Sekolah Satu Ustadz, untuk sekolah umum negeri maupun swasta.

“Agar tidak satupun anak yang beragama Islam di Jember tertinggal dari kompetensi baca tulis Al-Qur’an,” ungkap bupati.

Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jember, Drs. H. Suyitno, M. Pd. menyampaikan bahwa peserta wisuda juga berasal dari luar daerah, di antaranya dari Pasirian Lumajang dan Demak Jawa Tengah.

Suyitno menerangkan, ujian akhir sebagai penentu kelulusan santri dilakukan di beberapa titik ujian yang berbeda. Peserta ujian sebanyak 2500 santri, hingga menjadi peserta wisuda.

“Kami berharap Pemerintah Kabupaten Jember bersama program-programnya dapat terlaksana dan mendapat barokahnya Al-Qur’an,” tutur Suyitno. (mutia/izza/*f2)

No Response

Leave a reply "Pemerintah Kabupaten Jember Dukung Program Ma’arif NU"