Download Logo HUT RI 72

Pemkab Jember dan MK Kerjasama Bangun Museum Pancasila dan Konstitusi

HUT RI 72

Pemerintah Kabupaten Jember dan Mahkamah Konstitusi (MK) bekerja sama untuk mendirikan museum diorama Pancasila dan Konstitusi. Museum yang akan dibangun di Kabupaten Jember ini merupakan pertama di Indonesia.

Nota kesepahaman kerjasama itu ditandatangani di Pendopo Wahyawibawagraha, Selasa (25/07/2017). Pemerintah Kabupaten Jember diwakili langsung oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR.. Mahkamah Konstitusi diwakili oleh Sekretaris Jenderal MK Prof. Dr. M. Guntur Hamzah.

“Ini adalah satu-satunya dan pertama di Indonesia,” jelas Nurul Ghufron, Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember, pemrakarsa kegiatan dalam sambutannya. Ditegaskan, kerjasama ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Daerah.

Selain penandatanganan nota kesepahaman pembangunan museum, di Pendopo Wahyawibawagraha juga diselenggarakan kegiatan seminar nasional dengan tema Konstitusi Antikorupsi serta kegiatan pembukaan Kompetisi Debat Konstitusi Mahasiswa antar-perguruan tinggi se-Indonesia tingkat regional timur.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi Prof. Dr. M. Guntur Hamzah menyatakan MK senantiasa memberikan pembelajaran kepada masyarakat.

“Kerjasama ini merupakan upaya memberikan wahana pembelajaran konstitusi dan Pancasila di tengah-tengah masyarakat,” ujar Prof. Dr. M Guntur Hamzah.

Bupati Jember Dr. Hj. Faida MMR., menyatakan bahwa kerjasama ini dilatarbelakangi oleh keinginan menjadikan Kabupaten Jember sebagai salah satu kota wisata edukasi, dan spirit menjadikan Jember sebagai Kota ilmu pengetahuan.

“Kami sudah bertekad untuk menjadi yang pertama, kabupaten yang mendukung MK,” Tutur Bupati dalam sambutannya.

Museum tersebut merupakan bentuk kesadaran tentang Pancasila sebagai dasar negara yang perlu disosialisasikan dari masa ke masa. (*f2/Mutia/Izza)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Comments are closed.