Pemkab Jember Gelar Pelayanan MOP dan MOW Gratis

Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) menggelar bakti sosial operasi gratis MOP dan MOW.

Aksi sosial hasil kerjasama dengan BKKBN Jawa Timur serta Kodim 0824 Jember ini diselenggarakan di Rumah Sakit Bina Sehat, berlangsung dua hari sejak 5 sampai 6 April 2018 mulai pukul 08.00.

Kepala Dinas DPA3KB  Dra Ita Poeri  Andayani menjelaskan, aksi sosial ini untuk memberikan pelayanan kontrasepsi KB gratis kepada masyarakat.

Ita menungkapkan target peserta adalah 400 akseptor KB MOW dan 38 akseptor KB MOP. Pada hari pertama diikuti peserta yang berasal dari 21 kecamatan. “Mudah-mudahan target ini bisa tercapai dan kami tetap bisa memberikan pelayanan yang terbaik”.

Pentingnya pelayanan KB gratis ini, lanjutnya, sangat perlu untuk terus disosialisasikan agar menarik minat masyarakat. Tahun ini adalah kegiatan yang pertama dari tiga kegiatan, dengan target 900 lebih aseptor.

Warga yang ikut sebagai akseptor harus melakukan registrasi sebelum operasi. Selanjutnya pengecekan kesehatan lalu operasi. Operasi berlangsung sekitar 30 menit. Fasilitas selama operasi telah disediakan.

Setelah operasi, akseptor dipindahkan ke ruangan pasca operasi. Penyembuhan sekitar satu minggu untuk MOW dan MOP kurang lebih 2 – 3 hari.

Metode operasi wanita (MOW), jelas Ita,  ialah mengikat sel telur sehingga tidak bisa dibuahi oleh sel sperma. Sementara metode operasi pria (MOP) dengan membuat kanalisasi, sehingga sel sperma tidak bisa membuahi sel telur.

Bagi masyarakat yang dalam dua hari operasi gratis di RS Bina Sehat belum mendapatkan kesempatan, dapat melakukannya di faskes-faskes yang melayani KB. “Kita siapkan, gratis,” tegasnya.

Seorang kader kesehatan dari Kecamatan Tanggul, Wiwin, membawa 9 akseptor yang ikut MOW dan 2 akseptor yang ikut MOP.

Ia mengaku cukup sulit melakukan pendataan di masyarakat, karena banyak orang yang masih belum yakin tentang program ini dan masih berfikir seperti program jaman dulu.

Wiwin yang meyakinkan masyarakat dengan berpengalaman selama tujuh tahun menjalani program ini. “Sekali pasang bisa bertahan seumur hidup,” jelasnya. “Tidak perlu ribet untuk suntik atau implant,” pungkasnya. (izza/*f2)

No Response

Leave a reply "Pemkab Jember Gelar Pelayanan MOP dan MOW Gratis"