Jember Kota Pandhalungan

Pemkab Jember Lepas Jemah Haji 2014

DSC_2080Sekretaris Pemerintah Kabupaten (Sekkab) Jember Sugiharto melepas 1650 calon Jemaah Haji tahun 2014. Jamaah Haji Jember terbagi dalam empat kelompok terbang (Kloter) yang akan mulai diberangkatkan ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada tanggal 14 dan 15 September 2014 mendatang.

Dalam sambutannya Sugiharto, berpesan kepada seluruh Jamaah Haji untuk senantiasa meluruskan niat dalam berbibadah. Karena, Ibadah Haji merupakan ibadah yang terakhir dari rukun Islam. Setiap Jamaah Haji diharapkan tetap menjaga niatan dalam hati bahwa ibadah haji yang dilaksanakan ini semata-mata karena Allah swt. “Mari kita jaga niat bahwa ibadah Haji ini semua karena Allah, dan memohon Ridho Allah. Sehingga nantinya bisa menjadi haji yang mabrur,” katanya.

Selain itu, Sugiharto juga berpesan kepada Jemaah Haji Hember bahwa ukuran pelaksanaan ibadah Haji adalah kualitas. Untuk itu, Jemaah Haji diharapkan dapat melaksanakan semua rukun Haji dengan penuh keikhlasan, khusu’, serta dengan kesabaran, dan ketekunan.

Sugiharto juga meminta segenap Jemaah Haji untuk senantiasa menjaga kresehatan, baik kesehatan jasmani maupun rokhani. Dengan terjaganya kesehatan, maka jemaah haji akan dapat melaksanakan seluruh rukun ibadah haji dengan baik.

Saat melaksanakan ibadah haji, jemaah haji Jember diharapkan juga untuk dapat menjaga sikap dan prilaku selama pelaksanaan haji. Pasalnya, dalam pelaksanaan ibadah haji, jemaah haji dari Jember akan bertemu dengan jemaah haji lainnya dari seluruh dunia, dengan berbagai karakternya. “Mari kita jaga sikap kita, kita jaga nama baik bangsa Indonesia, dan kita jaga harga diri kita,” papar Sugiharto.

Menurutnya, selama ini, jamaah haji Indonesia telah menunjukkan sikap yang baik di hadapan jamaah haji dari berbagai bangsa dan negara lain di dunia. Untuk itu, Jemaah haji Jember dapat mempertahankan kesan yang baik atas Jemaah haji Indonesia tersebut.

Dalam kesempatan itu, Sugiharto berpesan kepada para Jemaah haji untuk memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya. Jemaah haji Jermber dapat memanfaatkan waktu saat di Tanah Suci dengan memperbanyak Takbir, dan doa-doa lainnya.

Saat berada di beberapa tempat yang mustajabah, lanjutnya, Jemaah haji kiranya dapat memanjatkan doa-doa kepada Allah swt. “Saya titip doa untuk bangsa dan negara Indonesia agar terhindar dari bencana,” paparnya.

Sugiharto juga memohon kepada para Jemaah Haji Jember untuk juga mendoakan agar masyarakat Jember senantiasa dapat hidup rukun, damai, dan sejahtera, serta dijauhkan dari marabahaya. “Saya juga memohon titip doa bagi masyarakat Jember yang belum berhaji agar bisa berhaji,” ujarnya.

Jemaah Haji Jember tahun 2014 ini berjumlah 1650 orang, yang terdiri dari 819 laki-laki dan 831 perempuan. Seluruh jemaah haji Jember terbagi dalam tiga kloter, yakni kloter 32, 33, 34, dan 35. Jemaah haji akan diberangkatkan menuju Asrama Haji Surabaya pada 14 dan 15 September 2014. (*)

No Response

Comments are closed.