Jember Kota Pandhalungan

Pemkab Kembali Serahkan Ratusan Kartu Nelayan

Pemkab Jember kembali menyerahkan Kartu Nelayan kepada nelayan di Kecamatan Puger siang tadi, kamis (19/05/2016). Kartu Nelayan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., kepada perwakilan nelayan usai mengikuti upacara peresmian Pos TNI AL di Puger.
“Kartu nelayan ini merupakan kartu identitas nelayan, yang diterbitkan oleh Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Jember,” tutur Bupati Faida.

Disamping sebagai identitas nelayan, merupakan nelayan Indonesia, kartu tersebut juga berfungsi untuk mendapatkan bantuan-bantuan dari Pemerintah Kabupaten maupun Pusat.

“Dengan kartu tersebut, bisa menjadi salah satu akses untuk memperoleh bantuan dan program-program yang berpihak kepada nelayan,” imbuhnya.
Perlu diketahui bahwa sejak tahun 2011 hingga tahun 2016 sudah ada 6.200 kartu nelayan yang diserahkan. Tahun 2011 sebanyak 1.895, tahun 2013 sebanyak 3.232, tahun 2014 sebanyak 485, tahun 2015 sebanyak 367, dan tahun ini 243.

Selain penyerahan kartu nelayan, secara simbolis Bupati juga menyerahkan beberapa bantuan berupa alat penangkap ikan, dan lainnya. Dengan harapan bisa dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan dan peningkatan ekonomi para nelayan sekitar .

Sementara itu untuk Pos TNI AL, Pemkab Jember menyerahkan bantuan meubelair senilai Rp. 63.850.000 dan penyerahan bantuan alat komunikasi berupa HT 5 unit.

Kesehatan dan Adminduk Jadi Prioritas

Pada kesempatan yang sama Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., juga menegaskan bahwa pelayanan kesehatan dan administrasi kependudukan (adminduk) tetap menjadi prioritasnya.

Bupati menegaskan, tidak ada lagi pelayanan yang lama dan berbelit. Semua harus berjalan cepat dan jemput bola. Atau biasa disebut oleh Bupayi Faida dengan pelayanan on the spot.

“Salah satu program yang di prioritaskan adalah sektor kesehatan, saya berharap warga Jember bisa sehat dan bisa berobat dan mendapatkan pelayanan gratis di Puskesmas terdekat,” tegasnya.
Semua harus bisa memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, jangan sampai ada masyarakat tak mendapatkan penanganan kesehatan gara-gara tak mampu membayar.

Sedangkan untuk pelayanan adminduk, Bupati juga meminta kepada Pemerintah Desa se-Kecamatan Puger dan semua Kecamatan di Jember untuk bisa memberi pelayanan gratis kepada masyarakat kurang mampu.

“Termasuk pembuatan KTP, KK, dan pembuatan administrasi lainnya. Hal ini di lakukan supaya tidak ada lagi pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh oknum PNS,” tegasnya.

Bupati Faida menambahkan karena perilaku oknum sehingga masyarakat merasa di rugikan, Bupati juga menghimbau kepada masyarakat supaya tidak memberikan sepeser uangpun kepada petugas.

Layani rakyat dengan Hati.

Kali ini untuk pelayanan on the spot, di wilayah Kecamatan Puger diberikan KTP, KK dan akta kelahiran kepada 1000 warga yang membutuhkan pelayanan. (*)

No Response

Leave a reply "Pemkab Kembali Serahkan Ratusan Kartu Nelayan"