Pemkab Siapkan Angkutan Mudik dan Balik Gratis

Tahun ini, Pemkab secara khusus menyediakan angkutan mudik dan balik secara gratis di beberapa titik tujuan pemudik. Hal ini terungkap pada Kamis pagi (22/07/2017) saat pelepasan angkutan lebaran mudik dan balik gratis yang diselenggarakan Kabupaten Jember di jalan Sudarman No. 01 depan Kantor Pemkab Jember.

Acara yang dihadiri langsung oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., Wakil Bupati Jember Drs. KH. Muqit Arief dan segenap Forkopimda Kabupaten Jember ini semata adalah menyayangi masyarakat Jember yang tentu saja cinta keluarga, orang tua, yang ingin mudik, yang selama ini ikut berjuang membangun Jember.

“Mudah-mudahan dengan adanya fasilitas mudik gratis, mempermudah para pemudik dan keluarganya, memperlancar perjalanan, lebih cepat sampai, dan selamat sampai tujuan.” Tutur Bupati Faida.

Sesuai jadwal mudik dan angkutan yang disiapkan antara lain adalah 1 unit bus fasilitas AC rute Jakarta – Jember yang diberangkatkan 21 juni 2017 dari Terminal Pulo Gebang Jakarta Timur dan sampai di Jember pagi tadi. Kendaraan ini diperuntukkan warga Jember yang selama ini berjuang di Jakarta, dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 45 kursi. Didanai oleh APBD Kabupaten Jember dan pos anggaran Dinas Perhubungan Kabupaten.

2 unit bus fasilitas AC rute Jember – Sumenep yang diberangkatkan 22 juni 2017 di Alun-Alun pemkab Jember dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 90 Kursi, dengan sumber anggaran yang sama dari dana APBD Kabupaten Jember pada Pos Dinas Perhubungan Kabupaten.

Angkutan Balik Gratis rute Jember – Surabaya yang dilaksanakan 1 Juli 2017 sebanyak 5 unit kendaraan bus fasilitas AC yang diberangkatkan dari alun-alun Pemkab Jember dengan kapasitas tempat duduk 274 kursi. Dengan rincian 3 unit bus dari APBD Provinsi Jawa Timur, dan 2 unit Bus dari APBD Kabupaten Jember.

“Mudah-mudahan kedepan mudik gratis ini akan lebih banyak fasilitasnya dengan bersinergi antar pemerintah dan swasta serta BUMD lebih banyak masyarakat yang terfasilitasi,” tutur Bupati.

Ucapan terima kasih, selamat jalan, dan selamat Hari Raya Idul Fitri disampaikan oleh Bupati Jember, untuk masyarakat yang bersedia memanfaatkan mudik dan balik gratis sehingga mengurangi para pemudik yang memakai motor, dan lebih aman dengan memakai bus.

Bupati Faida berpesan untuk pengemudi dan penumpang yang memakai fasilitas tersebut untuk lebih tertib, saling tolong menolong dalam perjalanan, dengan hikmah sudah menjadi keluarga didalam perjalanan bisa bertemu dimudik tahun depan.

Seusai memberangkatkan pemudik dengan angkutannya, acara dilanjutkan dengan pemasangan stiker dibus layak jalan oleh Wakil Bupati Jember, serta pengecekan penumpang oleh Bupati Jember dan segenap Forkopimda. (Mutia)

No Response

Comments are closed.