Download Logo HUT RI 72

Pemkab Upayakan Semua Warga Ikut Asuransi

HUT RI 72

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., menyampaikan Pemerintah Kabupaten Jember berupaya agar semua warga bisa terlindungi oleh asuransi.

Misi tersebut disampaikan bupati dalam rapat koordinasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan , Selasa (7/03/2017).

“Misi bagaimana warga Jember dapat ter-cover asuransi secara menyeluruh,” ujarnya di ruang lobi bawah Pemkab Jember.

Bupati juga menyampaikan pemerintah berupaya agar warga miskin yang sakit tidak lagi diribetkan oleh persoalan administrasi saat berobat ke rumah sakit. “Jadi kita yang melayani mereka,” tuturnya.

Upaya itu diharapkan dalam waktu dekat dapat diwujudkan, dengan membuka ruang pelayanan khusus di tiga rumah sakit milik pemerintah.

Terkait data peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Penerima Bantuan Iuran (PBI), Bupati meminta adanya evaluasi. Sebab, ada dua asal data peserta JKN tersebut.

Pertama, peserta yang berasal dari data kemiskinan. Peserta kategori ini, menurut Bupati, dari tahun ke tahun menjadi prioritas. Ketika anggaran mencukupi, prioritas ini tidak menjadi masalah. Tetapi, ketika anggaran tidak mencukupi, prioritas ini menjadi masalah.

Kedua, data peserta dari angka kesakitan. Ketika sakitnya kronis, maka peserta tersebut kondisi ekonominya miskin terus. Tapi ada juga, peserta yang mendapat rekomendasi dari Dinkes dan Dinsos untuk mendapat biaya kesehatan, yang sekali diobati sembuh.

Selain itu, seorang pasien miskin yang tidak terlayani administrasi kependudukannya hingga mendapat hambatan ketika menggunakan layanan kesehatan di rumah sakit, diharapkan tidak terjadi lagi. (*F2)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Leave a reply "Pemkab Upayakan Semua Warga Ikut Asuransi"