Jember Kota Pandhalungan

Pemprov dan Pemkab Dukung Realisasi Kampung KB Tiap Kecamatan

Tahun 2017 pemerintah pusat mentargetkan satu Kampung KB di setiap kecamatan. BKKBN Provinsi Jawa Timur menarget tahun 2017 tuntas setiap kecamatan. Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., pun siap merealisasikan setiap kecamatan memiliki satu Kampung KB.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur Kushindarwinto menjelaskan bahwa Kampung KB merupakan program yang dicanangkan pemerintah pusat pada tahun lalu.

“Ini merupakan bagian dari program Nawa Cita bapak presiden,” kata Kushindarwinto dalam pidato saat acara Temu Kader Kampung KB di Balai Serba Guna Kabupaten Jember, Kamis (17/11/2016).

Dia menjelaskan, tidak semua provinsi di Indonesia melaksanakan program tersebut. Hal ini berbeda dengan Jawa Timur. “Di Jawa Timur, semua kabupaten sudah melaksanakan Kampung KB,” ungkapnya.

Dalam program tersebut, setiap desa di Indonesia didirikan Kampung KB. Untuk menuju target itu, dimulai dari tingkat kabupaten. “Untuk tahun ini, wajib minimal satu kabupaten memiliki satu Kampung KB,” jelasnya.

Setelah target tingkat kabupaten sudah tercapai, selanjutnya tingkat kecamatan. “Tahun 2017 nanti, satu kecamatan harus satu Kampung KB,” ujar pria asal Madiun ini.

Kushindarwinto juga melaporkan bahwa peserta temu kader berjumlah 2.000. Rinciannya, Kabupaten Jember mengikutkan 1.500 kader, Lumajang mengerahkan 100 kader, Situbondo sebanyak 100 kader, Bondowoso sebanyak 150 kader, dan Banyuwangi sebanyak 150 kader.

Sementara itu, Bupati Jember dr Faida MMR menegaskan kesiapannya dalam menjalankan program Kampung KB. Saat ini sudah ada dua Kampung KB dimiliki Kabupaten Jember. “Tahun depan, kita realisasikan 31 Kampung KB di 31 Kecamatan di Jember,” ujar bupati berlatar belakang dokter ini. (*F2)

No Response

Leave a reply "Pemprov dan Pemkab Dukung Realisasi Kampung KB Tiap Kecamatan"