Jember Kota Pandhalungan

Pencanangan “Gerakan Jember Membatik”

12933136_932464410142782_3251488908797761279_nBatik merupakan Heritage Indonesia yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Dunia. Kesenian batik sendiri di Indonesia mempunyai corak dan ragam yang beraneka menurut lokal dan budaya masing-masing daerah. Termasuk Jember yang mempunyai corak gambar “Tembakau” khas gambar batiknya.

Batik Jember sendiri masih tergolong belum begitu dikenal oleh masyarakat luas di luar Jember, tidak selayaknya batik Solo, Pekalongan, dan batik Madura yang banyak diminati oleh masyarakat luas.

Untuk itu, Sabtu 2/04, Pemerintah Kabupaten Jember ingin mengoptimalkan promosi batik Jember agar lebih dikenal di luar Jember. Dalam rangka promosi tersebut, Wakil Bupati Jember, KH. Muqiet Arif, bersama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Jember yang didukung oleh Kantor Pariwisata Jember malakukan Pencanangan GERAKAN JEMBER MEMBATIK, yang dilakukan di kediaman tokoh APTRI, H Arum Sabil, Kecamatan Semboro, Jember.

Wabup Jember, KH Muqiet Arif, mengatakan bahwa batik sebagai warisan dunia harus menjadi kebanggaan rakyat Indonesia, termasuk Batik Jember. Batik Jember sendiri, lanjut Kyai Muqiet, memang belum begitu dikenal oleh masyarakat luas di luar Jember. Untuk itu, ungkapnya, perlu lebih dikenalkan lagi kepada masyarakat sebagai baju khas yang di punyai oleh masyarakat Jember. “Ini perlu lebih dikenalkan lagi kepada masyarakat”, jelasnya.

Dalam rangka untuk memasarkan produk lokal, Wabup meminta agar setiap SKPD juga menjadi tenaga pemasaran bagi produk Jember ini. “Saya bersama Bupati Jember siap menjadi tenaga marketing, dengan cara akan membawa produk-produk lokal Jember disetiap acara Nasional nantinya”, pungkasnya.

Semoga Dengan Gerakan Jember Membatik ini Bisa Lebih Memberikan Warna Tersendiri Bagi Batik Indonesia dan Dunia
Foto : Acara Gerakan Jember Membatik di Padepokan Arum Sabil, Semboro-Jember

No Response

Leave a reply "Pencanangan “Gerakan Jember Membatik”"