Pencarian Korban Longsor Pakai Alat Berat

Upaya pencarian korban yang masih tertimbun tanah longsor di Dusun Kedungliyer, Desa Jambesari, Kecamatan Sumberbaru, menyusul instruksi Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., agar dicari sampai ketemu hingga pukul 15.00, Selasa (17/10/2017), masih belum menemukan titik terang.

Untuk mempercepat penemuan korban, upaya pencarian mengerahkan unit pemadam kebakaran, alat berat, hingga anjing pelacak.

Plt. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember Widi Prasetya menyampaikan pengerahan tersebut sebagai upaya mempercepat pencarian korban.

“Pencarian terkendala luasnya lokasi kejadian dan alat yang dipakai masih manual,” ujar Widi Prasetya terkait lamanya pencarian korban, Selasa (17/10/2017).

Mobil pemadam kebakaran didatangkan dari Kalisat karena ukurannya yang bisa menjangkau lokasi. Alat berat yang didatangkan milik Dinas Bina Marga dan Sumberdaya Air.

Sementara anjing pelacak untuk mencari lokasi korban didatangkan dari Polda Jatim. Selain anjing pelacak, juga satu SSK personel polisi Polda Jatim.

Lebih lanjut Widi menjelaskan 12 kepala keluarga di sekitar lokasi telah diungsikan. Delapan keluarga menempati balai Desa Jambesari dan sisanya berada di rumah sanak saudara di desa setempat.

“Kami penuhi semua kebutuhan mereka. Ada yang sekolah kita penuhi juga bukunya,” tutur Widi.

Sampai Selasa siang upaya masih dilakukan. Kondisi semakin sulit karena hukan turun mengguyur daerah lokasi bencana. (*f2)

No Response

Comments are closed.