Jember Kota Pandhalungan

Penerimaan Kontingen Latsitarda XXXIV / 2014

Latsitarda-2Bupati Jember MZA Djalal menerima kedatangan kontingen Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-34 di Jember tahun 2014, di Aula PB Sudirman Kantor Pemerintah Kabupaten Jember, Minggu (10/5).

Kontingen Latsitarda di Kabupaten Jember berjumlah sekitar 329 orang, yang terdiri dari Taruna Akademi Militer, Angkatan Laut, Angkatan Udara, Praja IPDN, dan Mahasiswa. Kontingen Latsitarda di Jember dipimpin oleh Letkol. Penerbang Erwin Sugiandi.

Dalam sambutannya, Bupati Jember MZA Djalal menyambut baik kehadiran kontingen Latsitarda ke-34 di Jember. Dalam kesempatan itu, MZA Djalal memaparkan singklat kondisi geografis kabupaten Jember yang luasnya mencapai sekitar 3.500 km persegi, yang terbagi dalam 31 kecamatan, serta terbagi 248 desa dan kelurahan.

Sedangkan penduduk Kabupaten Jember berjumlah sekitar 2,8 juta jiwa. Mayoritas penduduk Jember beretnis Jawa dan Madura. Meski jumlah penduduknya cukup besar, kabupaten Jember juga merupakan salah satu lumbung pangan Jawa Timur (Jatim).

Dalam Kesempatan itu Bupati Jember menyampaikan bahwa Latsitarda ini merupakan kesempatan bagi seluruh pesertanya untuk menerapkan berbagai disiplin ilmu yang dipelajarinya secara langsung di masyarakat.

Selain itu, Latsitarda ini juga merupakan kesempatan baik bagi Taruna Akademi Militer, Praja IPDN, ataupun Mahasiswa untuk latihan mengenintegrasikan ilmu pengetahuan yang dipelajarinya baik dari militer maupun sipil, yang langsung diterapkan di masyarakat.

MZA Djalal juga mengingatkan bahwa Taruna, Praja, dan Mahasiswa yang tergabung dalkam kontingen Latsitarda ini merupakan calon-calon pemimpin bangsa di masa mendatang. Untuk itu, hendaknya para peserta Latsitarda untuk serius belajar  sesuai disiplin ilmunya masing-masing, untuk mencapai cita-citanya.

Terlebih, Indonesia diperkirakan akan mendapat bonus Demografi pada sekitar 20 atau 30 tahun mendatang. Sehingga pada saat Bonus Demografi itu hadir, para pesereta yang saat ini menjadi peserta Latsitarda bisa berperan dalam meningkatkan kemajuan Indonesia.

Selain itu, Para peserta Latsitarda tahun ini diharapkan juga bisa menjadi pemimpin yang memiliki peran menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa dan negara yang kuat, saat peringatan 100 tahun kemerdekan Indonesia tahun 2045 mendatang. (*)

No Response

Comments are closed.