Penghargaan Indonesia Attractiveness Award Sebagai Pemacu Semangat Lebih Memajukan Jember

Komitmen kuat untuk memberantas korupsi dan pungutan liar pada hampir setiap pemberian layanan kepada rakyat, melalui tekad untuk Tegak Lurus, dalam menjalankan roda pemerintahan, telah menghantarkan Kabupaten Jember, berhak atas penghargaan Indonesia Attractiveness Award dari Majalah Tempo bersama Frontier Consulting Grup. Di bawah kepemimpinan Bupati dr. Hj. Faida MMR., dan Wabup Drs. KH. Muqit Arief, Kabupaten Jember dinilai sebagai kabupaten terbaik bersama 23 kabupaten lainnya.

Survey yang dilakukan tim atas 508 kabupaten/kota se-Indonesia, membuktikan bahwa Kabupaten Jember dinilai memiliki komitmen kuat untuk menciptakan clean goverment. “Ini menjadi penyemangat Pemerintah Jember dan warga Jember untuk lebih terpacu dalam memajukan Jember,” ujar Bupati Faida, dalam suatu kesempatan.

Bupati Faida mengakui, bahwa dirinya bersama Wabup Muqit Arief, sejak awal berkomitmen untuk tegak lurus dalam menjalankan roda pemerintahan sesuai aturan yang ada. Dan salah satu langkah yang ditempuh yakni berusaha terus memutus mata rantai pungutan liar di semua lini dan pelayanan publik.

Hasilnya, meski belum sepenuhnya aksi pungli bisa ditiadakan 100%, namun setidaknya sudah dapat dilihat dan dirasakan oleh masyarakat. Itu utamanya dalam hal pengangkatan atau mutasi pejabat, dimana saat ini sudah tidak lagi tercium adanya aroma uang, baik dalam bentuk pemberian uang pelicin/sogok, pungli dan sebagainya.

Sekadar diketahui, bahwa kriteria yang digunakan dalam menentukan sebuah daerah, baik propinsi maupun kabupaten/kota, menggunakan empat komponen utama yakni, tingkat investasi, jumlah infrastruktur, pelayanan publik dan pariwisata. Dari keempat komponen itu, maka dihasilkan Indonesia Attractiveness Index yang digunakan untuk melakukan pemeringkatan daerah terbaik. (Indra GM)

No Response

Comments are closed.