Jember Kota Pandhalungan

PENGUMUMAN: Seleksi Calon Direksi Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ) Kabupaten Jember Tahun 2016

PDAM JEMBER

PENGUMUMAN
SELEKSI CALON DIREKSI
PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM ( PDAM )
KABUPATEN JEMBER
TAHUN 2016

1. DASAR HUKUM

  1. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1962 tentang Perusahaan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1962 Nomor 10, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 2387);
  2. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 75, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3851);
  3. Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 140, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3874), sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2001 Nomor 134, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4150);
  4. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 47, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4286);
  5. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 5, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4355);
  6. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 82, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5234);
  7. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437), sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 58, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5679);
  8. Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2005 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggara Pemerintah Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 164, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nonor 4599);
  9. Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, sebagaimana telah empat kali diubah, terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2015;
  10. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 1984 tentang Tata Cara Pembinaan dan Pengawasan Perusahaan Daerah dilingkungan Pemerintah Daerah;
  11. Peraturan Menteri  Dalam  Negeri  Nomor  2  tahun  2007  tentang  Organ  dan Kepegawaian Perusahaan Daerah Air Minum;
  12. Peraturan Menteri  Dalam  Negeri  Nomor  80  tahun  2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah;
  13. Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 50 Tahun 1999 tentang Kepengurusan Badan Usaha Milik Daerah;
  14. Peraturan Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Jember Nomor 4 Tahun 1975 tentang Pendirian Perusahaan Daerah Air Minum sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah Kabupaten Daerah  Tingkat II Jember Nomor 27 Tahun 1992;
  15. Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Jember Nomor 37 Tahun 1997 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Daerah Tingkat II Jember;
  16. Peraturan Bupati Jember Nomor 16 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pengangkatan Direksi Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Jember; dan
  17. Keputusan Bupati Jember Nomor 188.45/322/1.12/2016 tentang Panitia Pelaksana Seleksi Calon Direksi Perusahaan Daerah Air Minum kabupaten Jember.

 

2. PROFIL PDAM JEMBER

Baca Profil PDAM Jember di Tautan Berikut : PROFIL PDAM JEMBER

3. POSISI YANG DIBUTUHKAN

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM ) kabupaten Jember, membutuhkan tenaga profesional yang enerjik dan berwawasan luas untuk mengisi posisi-posisi sebagai berikut :

  • Direktur Utama
  • Direktur Bidang Umum
  • Direktur Bidang Teknik

4. PERSYARATAN

A. Syarat – syarat umum:

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 ;
  4. Setia dan taat kepada Negara dan Pemerintah Republik Indonesia;
  5. Tidak dicabut hak dipilihnya berdasarkan putusan Pengadilan;
  6. Tidak sedang dalam menjalani proses hukum atau pernah dihukum karena melakukan tindak pidana berdasarkan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dalam waktu 5 (lima) tahun terakhir;
  7. Batas usia terhitung tanggal 5 Agustus 2016 adalah maksimal 50  (lima puluh) tahun yang berasal dari luar PDAM dan maksimal 55 (lima puluh lima) tahun yang berasal dari dalam PDAM, dibuktikan dengan fotocopy Akte Kelahiran yang dilegalisir oleh pejabat berwenang;
  8. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter dari rumah sakit daerah;

 

B. Syarat – syarat khusus :

  1. Diutamakan mempunyai pendidikan sekurang-kurangnya Sarjana (S1);
  2. Mempunyai pengalaman kerja:
  • 10 (sepuluh) tahun bagi yang bersal dari PDAM, dibuktikan dengan Surat Keterangan Kinerja Pegawai atau sejenisnya;
  • 15 (lima belas) tahun mengelola perusahaan yang bukan berasal dari PDAM, yang dibuktikan dengan surat pengangkatan dan surat keterangan (referensi) dari perusahaan sebelumnya dengan penilaian baik;
  1. Tidak termasuk dalam daftar orang tercela di bidang keuangan dan perbankan;
  2. Memiliki kompetensi, integritas dan referensi di bidang keuangan;
  3. Tidak tercatat dalam daftar kredit macet di sektor jasa keuangan;
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai atau pejabat instansi, lembaga, badan usaha, perusahaan baik pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun swasta;
  5. Memiliki komitmen dan dedikasi yang tinggi dalam memimpin tim organisasi perusahaan;
  6. Mempunyai motivasi yang tinggi dan dapat bekerja secara tim ;
  7. Membuat dan menyajikan proposal tentang visi, misi dan strategi perusahaan;
  8. Lulus pelatihan manajemen air minum di dalam atau di luar negeri yang terakreditasi, dibuktikan dengan ijasah atau sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga penyelenggara;
  1. Tidak terikat hubungan keluarga dengan Bupati atau dengan Anggota Direksi PDAM atau dengan anggota Dewan Pengawas PDAM lainnya sampai derajat ketiga, baik menurut garis lurus maupun kesamping termasuk menantu dan ipar;
  2. Bersedia tidak menduduki jabatan atau tidak rangkap jabatan pada jabatan direksi atau anggota direksi pada BUMD lainnya, BUMN, atau Badan Usaha Swasta apabila dinyatakan lulus dan diangkat menjadi Direktur PDAM Kabupaten Jember;
  3. Bersedia tidak menduduki jabatan atau tidak rangkap jabatan pada jabatan dalam kepengurusan Partai Politik atau jabatan yang dapat menimbulkan benturan kepentingan dengan PDAM Kabupaten Jember, dan jabatan lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan apabila dinyatakan lulus dan diangkat menjadi direktur PDAM Kabupaten Jember;
  4. Bersedia bertempat tinggal di wilayah Kabupaten Jember apabila dinyatakan lulus dan diangkat menjadi Direksi PDAM Kabupaten Jember ;
  5. Bersedia bekerja penuh waktu apabila dinyatakan lulus dan diangkat menjadi Direksi PDAM Kabupaten Jember;
  6. Bersedia membuat pernyataan tentang kebenaran dokumen dan apabila ternyata diketahui bahwa dokumen tersebut tidak benar, maka pelamar dinyatakan gugur dan/atau bersedia dikenai sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

5. TATA CARA PENDAFTARAN & PERSYARATAN ADMINISTRASI

A. Surat lamaran ditujukan kepada BUPATI JEMBER Ketua Panitia Pelaksana Seleksi Penerimaan Calon Direktur PDAM Kabupaten Jember.

  B. Surat lamaran ditulis tangan sendiri dengan tinta hitam di atas kertas folio bergaris dan ditanda tangani oleh pelamar (bermaterai Rp. 6000) dengan dilampiri persyaratan sebagai berikut:

  1. Pas Photo  berwarna  terbaru  ukuran  4×6  cm  sebanyak  6 lembar;
  2. Daftar Riwayat Hidup;
  3. Fotokopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
  4. Fotokopy Ijazah dan Transkrip Nilai dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang telah  dilegalisir oleh  Pejabat berwenang;
  5. Asli Surat   Keterangan   Berkelakuan   Baik   atau   Surat Keterangan   Catatan   Kepolisian   (SKCK)   dari   Kepolisian Resort (Polres) setempat;
  6. Asli Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter Pemerintah;
  7. Fotokopi Akte   Kelahiran   yang   dilegalisir   oleh   pejabat berwenang;
  8. Fotokopy Surat Keterangan Pengalaman Kerja, berupa Surat Keterangan Kinerja Pegawai atau sejenisnya; atau Surat Pengangkatan dan Surat Keterangan (referensi) dari perusahaan tempat kerja sebelumnya dengan penilaian baik;
  9. Fotokopy ijazah atau  sertifikat  bukti  kelulusan  pelatihan manajemen  air  minum di  dalam atau  di  luar  negeri  yang terakreditasi yang oleh lembaga penyelenggara;
  10. Proposal yang berisi tentang Visi dan Misi PDAM yang akan dijadikan  pegangan   apabila   menjabat   sebagai   Direktur PDAM Kabupaten Jember, dengan ketentuan:

a. Harus disusun sendiri, sebanyak-banyaknya 8 (delapan) halaman termasuk halaman judul;
b. Menggunakan Bahasa Indonesia;
c. Diketik pada kertas F4 70 ukuran 21,5 x 33 cm, Huruf Times New Roman 12 pt,   2 Spasi;
d. Dicetak serta dijilid dengan sampul yang sederhana; dan
e. Dipersiapkan dalam  bentuk  file  (power  point)  untuk presentasi.

11. Surat Pernyataan (bermaterai Rp. 6000)

C. Berkas surat lamaran beserta semua kelengkapannya dibuat rangkap 3 (tiga) dengan ketentuan:

  1. 1 (satu) asli bermaterai dan 2 (dua) tanpa materai
  2. Berkas disusun sesuai urutan dalam persyaratan pendaftaran; dan
  3. Berkas dimasukkan sebagaimana angka 1) masing-masing dimasukkan dalam amplop tertutup warna coklat dengan mencantumkan :

a. Pojok kanan atas ASLI / COPY
b. Pojok kiri atas KODE JABATAN
c. Pada posisi tengah depan ditulis :

       Kepada                 :  Yth. Bupati Jember
Cq. Ketua panitia Pelaksana Seleksi Calon
Direksi PDAM Kabupaten Jember

6. PENGIRIMAN LAMARAN

  • Pendaftaran dibuka pada setiap hari kerja mulai tanggal 18 Juli – 5 Agustus 2016 Senin-Kamis mulai pukul 09.00 s/d 14.00 dan Jum’at mulai pukul 09.00 s/d 11.00 WIB di Sekretariat Panitia Pelaksana Seleksi Calon Direksi PDAM Kabupaten Jember pada Bagian Perekonomian dan Ketahanan Pangan Sekretariat Kabupaten Jember.
  • Berkas lamaran disampaikan langsung oleh pelamar (tidak di wakilkan)

7. LAIN-LAIN

  • Pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi pendaftaran akan mengikuti proses seleksi selanjutnya berupa uji kelayakan dan kepatutan yang akan diumumkan pada tanggal 15 Agustus 2016 melalui Website Resmi Pemerintah Kabupaten Jember (www.jemberkab.go.id)
  • Bupati Jember memiliki hak untuk menempatkan Calon Direksi pada jabatan tertentu sesuai dengan rekomendasi hasil uji kelayakan dan kepatutan
  • Keputusan Panitia Pelaksana Seleksi Calon Direksi PDAM kabupaten Jember bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

 

Jember, 27 Juni 2016

PANITIA PELAKSANA SELEKSI

CALON DIREKSI PDAM KABUPATEN JEMBER

 

[Unduh Disini, Dokumen Lampiran Pendaftaran]

No Response

Leave a reply "PENGUMUMAN: Seleksi Calon Direksi Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ) Kabupaten Jember Tahun 2016"