Campak Rubella

PERBAIKAN LAYANAN, RSD SOEBANDI TERUS BERBENAH

Semakin banyaknya kunjungan pasien yang melakukan pengobatan, baik melalui rujukan ataupun kunjungan pasien umum, membuat RSD Dr. Soebandi selalu melakukan pembenahan untuk memberikan palayanan terbaik kepada masyarakat yang berobat. Selain itu juga, sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), RSD Dr. Soebandi sendiri melakukan pembenahan terhadap sejumlah taman di dalam Rumah sakit, termasuk aturan menyangkut kunjungan keluarga pasien dan para keluarga penunggu pasien berobat.

Hal ini diungkapkan oleh Dirut RSD Dr. Soebandi, Dr. Yuni Ernita, saat menerima Tim penilaian Lomba Kebersihan Lingkungan Kantor Pemkab Jember, bahwa RSD Dr. Soebandi saat ini memang banyak mendapatkan masukan dari masyarakat terkait dengan pelayanan pasien di bidang kebersihan dan kenyamanan berobat. Yuni mengakui bahwa selama ini banyak dari keluarga pasien yang menginap di rumah sakit dengan alasan menunggu kelurga yang melakukan rawat inap. “ya memang kita nggak bisa melarang, meski pasien sakit itu hanya 1 orang tapi yang ngantar dan yang nunggu banyak sekali mas.Untuk itu, kita akan berusaha secara pelan-pelan dibatasi yaitu hanya ada 2 orang untuk menunggu pasien”, tegasnya. Ini dilakukan, ungkapnya, juga untuk mengurangi  infeksi bagi pasien yang berobat di RSD Dr Soebandi.

Lingkungan yang bersih di Rumah Sakit sendiri, lanjut Yuni, merupakan syarat mutlak untuk mendapat akreditasi A sebagai Rumah Sakit rujukan daerah diwilayah Jawa Timur Bagian Timur. Tidak hanya itu saja, Yuni mengatakan bahwa di Rumah Sakit Dr Soebandi sendiri meski tidak ada lomba kebersihan di tingkat Kabupaten dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan selalu di adakan lomba kebersihan di setiap ruangan yang ada di RSD Dr Soebandi pada setiap tahunnya. “kita selalu melakukan lomba kebersihan ruangan setiap tahun, mulai dari ruang pelayanan, ruang pengobatan, ruang inap, sampai dengan ruangan-ruangan kantor”, jelasnya. Hal ini, jalasnya lagi, merupakan moment untuk memotivasi serta merubah mindset seluruh karyawan RSD Dr. Seobandi bahwa kesembuhan pasien bukan hanya ditentukan oleh obat-obatan, akan tetapi juga banyak ditentukan oleh lingkungan yang bersih dan nyaman. Maka daripada itu, Yuni mengungkapkan  RSD Dr. Soebandi tidak hanya menghias ruangan-ruangan di sekitar pelayanan umum saja, namun juga melakukan perbaikan dan pembenahan keindahan di taman-taman sekitar ruang rawat inap.

“Hal ini tidak saja berlaku pada karyawan rumah sakit saja, juga berlaku pada pelanggan rumah sakit dalam hal ini adalah keluarga pasien. Ini harus benar-benar kita tanamkan mengingat Rumah sakit Dr Soebandi adalah Rumah Sakit Rujukan di 4 Kabupaten, dimana pasiennya itu adalah seluruh lapisan masyarakat”, tegasnya.

Dirinya hanya berharap kedepan Rumah sakit Dr. Soebandi bisa mencover seluruh lapisan masyarakat, mulai dari kelas VVIP sampai dengan kelas bawah. Yuni juga meminta agar seluruh masyarakat termasuk keluarga pasien menjaga selalu kebersihan Rumah sakit, dan rumah sakit bukan lagi dijadikan sampah untuk membuang sisa-sisa makanan keluarga penunggu pasien. Yuni berobsesi layanan Rumah sakit pemerintah juga bisa menyaingi layanan rumah sakit swasta yang notabene hanya melayani pasien kelas atas (VVIP). “Kami kedepan akan memberikan layanan yang lebih dari rumah sakit swasta, mulai dari service keluarga pasien dan pasiennya sendiri, juga termasuk pelayanan kenyamanan dan keindahan lingkungan ruangan pasien”, pungkasnya. (tgh/humas)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Comments are closed.