Jember Kota Pandhalungan

Perekonomian Tumbuh Bukan Dari Menebang Pohon, Tetapi Dengan Menanamnya

Gerakan Nasional Tanam Buah Nusantara siang tadi ditandai dengan menanam pohon bersama yang di hadiri oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., Wakil Bupati Jember, Drs. Kh. A. Muqit Arief, Dirjen Hortikultural Kementrian Pertanian, Dr. Ir. Sputnik Sujono Kamino, Ketua Komisi Keamanan Hayati Produk Rekayasa Genetik, Dr. Ir. Agus Pakpahan.

Kegiatan menanam pohon bersama tersebut mengangkat tema Berkarya nyata untuk mewujudkan kemandirian Hortikultura. Tempat tanam pohon bersama dilakukan pada lokasi Penanaman Buah Nusantara City Forest Arum Sabil Jember, di daerah Kaliurang, Sumbersari, Jember.

Kegiatan ini sengaja dilaksanakan dengan tujuan untuk masyarakat agar tidak mudah menebang pohon tapi harus selalu menanam pohon. “Saya tidak ingin anak cucu kita berpikir bahwa perekonomian itu bersumber dari menebang pohon, tapi justru dari menanam pohon,” terang HM Arum Sabil, Ketua Dewan Pembina Taruna Bumi Foundation, di lokasi acara siang tadi, Senin (10/10/2016).

Sebelum acara berlangsung siang tadi, lebih dahulu ditandai dengan pemakaian ublang dan selendang untuk Bupati Jember beserta rombongan, yang kemudian di lakukan penanaman pohon oleh Bupati Jember beserta rombongan.

Selanjutnya di lakukan penandatanganan MOU antara Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia dan Taruna Bhumi Foundation beserta PT. Mitra Tani 27. Dan diisi dengan sebuah pameran buah dan beberapa produk lokal Jember. Arum juga menitipkan untuk menjaga gumuk- gumuk di sekitarnya karena sudah dari dulu banyak tanaman yang tumbuh di gumuk-gumuk tersebut. “Jangan kita tebang terus, tetapi kita tanami dan kita jaga tanamannya,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief dalam kesempatan ini mengatakan bahwa Gerakan Nasional Tanam Buah Nusantara memiliki arti yang sangat penting yang tidak hanya menanam satu atau dua pohon tapi juga sedang berikhtiar untuk melakukan sesuatu sebagai khalifah fil’ard. Dalam giat penghijauan ini Wabup juga pernah melakukan penghijauan dengan menanam pohon dengan siswa SMK Katolik dan Santopaulus. “Bumi yang sekarang ini bukan milik kita tapi milik anak cucu yang sedang di titipkan pada kita.” Tegas Wabup.

Sedangkan Dirjen Hortikultural Kementrian Pertanian, Dr. Ir. Sputnik Sujono Kamino menyampaikan, membangun sektor pertanian tidak cukup hanya dengan APBN. Dan kegiatan ini adalah ide dan gagasan yang luar biasa menurutnya dalam rangka pembangunan nasional . Pemerintah kementrian nasional telah mengadakan festifal dan gerakan dengan festifal berbeda dengangerakan dan tahun ini akan di adakan festival buah dan buah-buah Jember di rencanakan akan juga di tampilkan dalam festival buah tersebut. Dan untuk mengekspor buah kita harus melihat selera negara tujan ekspor dengan bentuk buah rasa dan segala macamnya.

Acara kemudian ditutup dengan penyerahan cindera mata oleh HM Arum Sabil kepada Dirjen Hortikultural Kementrian Pertanian Dr. Ir. Sputnik Sujono Kamino, Ketua Komisi Keamanan Hayati Produk Rekayasa Genetik Dr. Ir. Agus Pakpahan, Wakil Bupati Jember Drs. Kh. A. Muqit Arief, dan juga kepada beberapa tamu lainnya. (Izza, Mutia)

No Response

Leave a reply "Perekonomian Tumbuh Bukan Dari Menebang Pohon, Tetapi Dengan Menanamnya"