Jember Kota Pandhalungan

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK 2014

Gambar 3Bupati Jember MZA Djalal menghadiri Resepsi Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke 42 tahun 2014, di aula Pendopo Wahya Wibawa Graha Jember, Senin (28/4).

Peringatan Heri Kesatuan Gerak PKK 2014 diwarnai dengan pemberian penghargaan kepada tim penggerak PKK kecamatan yang dinilai cukup berhasil,Juara Pusat Informasi dan Konsultasi Remaja (PIKR) tingkat Kabupaten, dan anggota tim penggerak PKK yang telah mengabdikan waktunya lebih dari 20 tahun di PKK, serta berbagai penghargaan lainnya.

Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Jember Sri Wahyuni Djalal, mengatakan bahwa penghargaan itu diberikan sebagai penghargaan kepada pengurus PKK kecamatan yang dinilai berhasil melaksanakan program PKK bersama program KB dan Kesehatan, selama tahun 2013. Selain itu penghargaan itu juga dimaksudkan sebagai pemacu bagi pengurus PKK di kecamatan lainnya, untuk dapat melaksanakan program PKK sebaik-baiknya.

Semantara itu Bupati Jember MZA Djalal, mendukung berbagai program yang dilaksanakan oleh PKK. Pasalnya apa yang telah dilakukan PKK bersama pemerintah kabupaten Jember telah menghasilkan peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat Jember, menjadi 6,55 persen.

Selain itu, kebersamaan kerja PKK bersama pemerintah kabupaten Jember juga berhasil meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada kurun waktu 2008 – 2012 meningkat dari 63,71 menjadi 66,38.

Bupati Jember mengatakan bahwa PKK telah berupaya menularkan pengaruh positif, yakni pengaruh “kreativitas” kepada masyarakat dan pemerintah kabupaten Jember. Terkait hal itu, Bupati mengingatkan kepada pengurus PKK dan seluruh jajaran di Pemerintah Kabupaten Jember, untuk terus berupaya meningkatkan pembangunan masyarakat Jember. Pasalnya, sekitar tahun 2020-2030 diperkirakan akan terjadi bonus demografi di Indonesia.

Bonus demografi adalah pada suatu masa ketika penduduk pada usia produktif jumlahnya mencapai sekitar 70 persen dari seluruh jumlah penduduk. Sehingga bonus demografi akan membawa dampak sosial ekonomi yang besar pada masyarakat Indonesia.

Bupati Jember MZA Djalal mengatakan bahwa pada masa bonus demografi itu kreatifitas akan menjadi salah satu faktor penentu peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Untuk itu kreatifitas yang telah dikembangkan oleh PKK perlu untuk didukung dan dikembangkan, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat di masa mendatang. (*)

No Response

Comments are closed.