Jember Kota Pandhalungan

Peringati Hari Buku, Perpusda Getol Sosialisasikan Gemar Membaca

Peringatan Hari Buku Nasional jatuh pada tanggal 17 Mei, sayangnya masih banyak masyarakat belum tahu tentang peringatan hari tersebut.

Di Jember sendiri, meskipun tidak ada agenda khusus untuk memperingati Hari Buku Nasional yang jatuh pada hari ini, Selasa (17/5/2016) namun Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Jember tetap bersemangat dengan menjalankan kegiatan rutin mereka, guna meningkatkan minat baca masyarakat.

“Hari Buku ini di peringati agar meningkatkan minat baca masyarakat terutama pada anak usia dini. Karena dengan membaca merupakan kunci untuk menggapai sebuah impian,” jelas Sri Isnaini Amaliyah, salah satu staf Kantor Perpustakaan atau Perpusda Jember.

Dengan membaca dapat menambah ilmu dan memberikan wawasan, dengan membaca juga menjadikan orang lebih mengetahui tentang apa yang sebelumnya tidak diketahui.

Pelatihan, pembinaan dan promosi melalui kerjasama dengan media, sekolah, kelompok masyarakat selalu dan terus dilakukan oleh Perpusda. Tapi karena semakin berkurangnya kesadaran dan minat membaca masyarakat sehingga kurang berhasil dengan optimal.

Selain program-program tersebut untuk menumbuhkan minat baca masyarakat Perpusda juga mengadakan perpustakan keliling dengan menggunakan 3 unit bis. Sekaligus mempromosikan Perpusda ke setiap kecamatan yang sudah miliki wilayahnya sperti sekolah ataupun wilayah yang tidak bisa menjangkau Perpusda.

Masing-masing bis mempunyai wilayah sendiri-sendiri. Seperti misalnya bis 1 beroperasi di wilayah mulai dari Ajung, Ambulu sampai ke kota di kecamatan Sumbersari. Sedangkan bis 2, menjangkau wilayah kecamatan Kaliwates ke arah barat dan utara hingga daerah Sumberbaru. Sementara bis 1, menjangkau wilayah Pakusari, Arjasa dan daerah-daerah di utara timur Jember. Pada malam minggu secara rutin, bis 3 tersebut stand by di alun-alun Jember.

“Perpustakan keliling beroperasi setiap hari senin-kamis. Dan kelengkapan untuk buku yang ada di Perpusda sekitar 82.200,” imbuhnya.

Tentang kelengkapan buku, menurutnya di Perpusda sudah cukup lengkap, hanya saja yang berkaitan dengan mata pelajaran dan soal-soal kurang lengkap. (Zikin, Mutia)

No Response

Leave a reply "Peringati Hari Buku, Perpusda Getol Sosialisasikan Gemar Membaca"