Jember Kota Pandhalungan

Peringati Hari Disabilitas, Jember Bakal Gelar Berbagai Acara

Persiapan dalam rangka peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) di Kabupaten Jember tanggal 02-03 Desember 2016 disampaikan Ir. Eko Heru Sunarsono, MM.selaku Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jember kepada Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR. Presentasi yang dilakukan di ruang rapat Pemkab Jember, Rabu (12/10/2016), selain di hadiri oleh Bupati Jember Dr. Hj. Faida, MMR, juga dihadiri Perwakilan dari Kemensos RI, dan segenap jajaran SKPD Kabupaten Jember.

Kegiatan yang di latar belakangi dengan Penyandang Disabilitas adalah bagian dari masyarakat dunia yang harus dihormati hak-haknya berdasarkan konvensi PBB Tahun 2011. Pemerintah RI telah menetapkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pengesahan Convention On The Rights of Persons with Disabilities (konvensi mengenai hak-hak penyandang disabilitas) dan saat ini telah ditetapkan juga UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Untuk menunjukkan kepedulian Kabupaten Jember terhadap penyandang Disabilitas yang berjumlah + 2.500 orang serta untuk mewujudkan Jember ramah disabilitas, Kabupaten Jember mengharap agar pelaksanaan Peringatan HDI tahun 2016 di Kabupaten Jember.

Dengan tujuan kegiatan yaitu mempromosikan isu disabilitas yang merupakan keragaman budaya masyarakat Indonesia, mempromosikan UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, mempromosikan Kabupaten Jember sebagai kabupaten inklusi dan ramah disabilitas, mendorong partisipasi semua stakeholder dalam pengawalan implementasi pemenuhan dan perlindungan hak Penyandang Disabilitas.

Konsep HDI Kabupaten Jember dengan tema kegiatan Internasional : “Achieving 17 SDGs For The Future We Want Can Create A More Inclusive and Equitable For People With Disability”, Nasional : “Membangun Masyarakat Inklusif, Adil dan Berkesinambungan bagi Penyandang Disabilitas untuk Indonesia Yang Lebih Baik”.

Dan rencana kegiatan pada tanggal 2 desember 2016 yaitu pameran, JAmbore (DMI), Jember Musician Care dan pada tanggal 3 desember 2016 yaitu puncak Acara terdiri dari pencanangan Jember ramah disabilitas. “Pemberian penghargaan Anugerah peduli disabilitas antara lain media peduli disabilitas, apresiasi kesehatan peduli disabilitas, apresiasi pemerintah peduli disabilitas, apresiasi lembaga pendidikan peduli disabilitas, gedung terakses disabilitas, tokoh peduli disabilitas, ormas peduli disabilitas, penanaman pohon inklusi, atraksi kreasi seni dari para penyandang disabilitas, gerak jalan atau jalan sehat,” terangnya.

Dengan ini perwakilan dari Kemensos RI, Drs. M. Sabir Gayo, M.Si yang biasa di panggil dengan pak sabir mengatakan bahwa Jember merupakan Kabupaten yang luar biasa. Dengan ini mengharapkan acara ini terselenggara dengan meriah di tanggal wajib 2-3 desember 2016 dan acara yang telah di minta sendiri oleh para penyandang difabel yang dimana Jember yang menjadi tuan rumah dalam acara besar ini.

Pihaknya juga meminta untuk disabilitas di daerah andil dalam kegiatan ini, siapnya Jember menjadi tuan rumah dengan tema nasional dan internasional yang telah di tetapkan oleh PBB. “Kami harapkan beberapa kegiatan di laksanakan di alun-alun Jember karena memudahkan akses masuk penyandang disabilitas seperti disabilitas berkursi roda, masyarakat juga dapat melihat potensi dari penyandang disabilitas,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Faida menyatakan harapannya, bahwa jangan sampai acara ini hanya acara untuk memeriahkan HDI saja. “Akan tetapi juga acara yang dapat menggali potensi para penyandang disabilitas, hingga benar-benar bermanfaat bagi mereka,” harapnya.

Dan untuk hadiah lomba Bupati Jember berharap hadiah yang dapat mengakses masa depan intrepeneur disabilitas. “Belum bisa di katakan kota itu hebat jika kota itu belum inklusif, semua pihak harus turut mendukungnya,“ imbuhnya. Bukan besarnya dana kunci suksesnya tapi soal paradigma bahwa acara ini harus di selenggarakan dengan inklusi tanggungjawab bersama. (Mutia, Izza)

No Response

Leave a reply "Peringati Hari Disabilitas, Jember Bakal Gelar Berbagai Acara"