Jember Kota Pandhalungan

Peringati Hari Jadi Jatim, DPRD Gelar Pentas Seni

Dalam rangka memperingati hari jadi Jawa Timur ke-71 tahun 2016, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur melakukan sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Jawa timur sekaligus menghibur masyarakat Jember dengan menggelar menggelar pentas seni dan budaya di alun-alun Kabupaten Jember, Sabtu malam (29/10/2016).

Pada gelaran acara sosialisasi Perda yang dikemas dengan pentas seni budaya tersebut menampilkan gebyar pesona ragam budaya pandhalungan. Nampak hadir pada acara tersebut Bupati Jember, dr.Faida MMR., Wakil Ketua Komisi A DPRD Jawa Timur, HM Miftahul Ulum SAg, anggota DPRD Jember, jajaran SKPD Kabupaten Jember, dan beberapa elemen masyarakat.

Acara yang dipadati oleh penonton tersebut berlangsung cukup meriah dengan musik patrol bakoh kerreng sebagai pembuka acara dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Dalam sambutannya Miftahul Ulum, Wakil Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jatim dari Fraksi PKB menyampaikan masih belum banyak yang tau hari jadi provinsi Jawa Timur. Untuk itu setiap tahun Pemerintah Provinsi Jatim selama sebulan penuh kemaren melaksanakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari jadi Jatim. “DPRD sendiri juga melaksanakan kegiatan seperti ini di sebelas titik di provinsi Jatim salah satunya di kabupaten Jember. Dengan harapan akan menjadikan pemerintahan Jatim yang tentunya harus ditopang dan didukung pemerintahan di Jatim khususnya di Jember dan bisa bermanfaat bagi masyarakat Jember.” Tuturnya.

Cak Ulum panggilan akrab Miftahul Ulum juga menyampaikan terimakasih kepada Bupati Jember dan seluruh Kepala SKPD yang telah memfasilitasi acara tersebut, berharap kerjasama ini bisa dilakukan setiap tahunnya. Diadakannya kegiatan pentas seni dan budaya ini untuk memberikan wadah bagi para pemerhati seni agar lambat laun tidak hilang dan tergerus oleh situasi dan zaman, dan memberikan ruang serta tempat seni dihati masyarakat Jember.

Sementara itu, Bupati Faida mengapresiasi kegiatan yang diadakan DPRD Provinsi Jatim dengan pentas seni budaya pandhalungan karena kecintaan dan perhatian anggota DPRD terhadap seni pandhalungan. “Karena hidup itu dengan agama kita menjadi terarah, dengan ilmu kita menjadi lebih mudah dan dengan seni budaya hidup menjadi lebih indah.tuturnya. Bupati Jember ingin di alun-alun Jember ini lebih sering ada panggung-panggung budaya, sehingga budaya lokal kita ini menjadi tuan rumah dikotanya sendiri. Bagaimana anak-anak generasi muda di Jember ini mencintai budaya lokalnya.

Bupati berharap pada semua kegiatan pemerintahan dapat disertai dengan iringan atau tampilan seni dan budaya guna menjaga kelestariannya. “Teriring doa agar pemimpin kita Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, jajaran pimpinan DPRD Jatim selalu mendapat pertolongan dan diberi kekuatan agar bisa membawa provinsi Jatim lebih makmur dan sejahtera, dan dapat dirasakan oleh masyarakat Jawa timur utamanya Jember.” Doa Bupati Faida.

Acara dilanjutkan dengan pemukulan kentongan sebagai peresmian hari ulang tahun Jawa timur oleh Bupati Jember dan anggota DPRD provinsi Jatim, kemudian kegiatan seni dan budaya ini dimeriahkan dengan seni campursari dari sanggar seni gonjing miring, sendratari “ngonggak bumi kawuri” dari sanggar kartika budaya dan ludruk /teater tradisi “sogol pendekar sumur gemuling” dari dewan kesenian Jember. (Mutia)

No Response

Leave a reply "Peringati Hari Jadi Jatim, DPRD Gelar Pentas Seni"