Jember Kota Pandhalungan

Peringati Hari Santri, Wagub Hadiri Jember Bershalawat

Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf bersama Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., dan Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief menghadiri acara Jember Berdzikir dan Bershalawat dalam Rangka Hari Santri Nasional oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jember yang berlangsung di Alun-alun Jember, Selasa malam (25/10/2016).

Masyarakat Jember sangat antusias mendatangi alun-alun Jember guna turut serta mengumandangkan gema sholawat dan dzikir bersama-sama. Tokoh ulama, tokoh masyarakat nampak turut hadir dan memadati tempat yang disediakan panitia. Acara berlangsung dengan diawali pembacaan tartil Al-Qur’an yang di dengarkan secara seksama oleh segenap masyarakat yang datang.

Wakil Bupati Jember selaku perwakilan dari panitia penyelenggara pengurus cabang Nahdlatul Ulama (NU) memberi sambutan sekaligus menyampaikan salam hangat kepada seluruh santri di Kabupaten Jember. Dengan harapan Kabupaten Jember akan di penuhi dengan sholawat, seperti telah diketahui bersama bahwa Pemkab Jember bersama masyarakat telah menyepakati Jember sebagai bumi sholawat. Tak lupa Wabup juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang turut hadir pada acara ini juga kepada Wakil Gubernur Jatim. “Dengan acara ini, diharapkan limpahan rahmat dan berkahNya menyirami kabuapaten Jember dan semoga acara ini mempererat tali silaturrahmi lahir batin sebagai umat Nabi Muhammad SAW.” Tuturnya.

Sementara itu, Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., menyatakan dalam rangka hari santri nasional, yang memperingati adalah seluruh kyai, tokoh masyarakat juga masyarakat. Ini merupakan semangat untuk menjadikan Jember sebagai bumi sholawat, acara ini juga merupakan sholawat semangat persatuan. Bupati Faida mengucapkan selamat hari Santri kepada seluruh santri, dimana santri yang terdahulu telah berjuang dan berkorban demi kemerdekaan bangsa, untuk itu Bupati menggajak untuk meneladani pendahulu yaitu semangat nasionalisme para santri semangat santri. Tak lupa Bupati juga berpesan kepada masyarakat dan kepada segenap santri untuk meningkatkan religi di Kabupaten Jember agar terciptanya Jember yang penuh berkah.

Usai mendengarkan beverapa sambutan disela-sela lantunan tartil Al Quran dan dzikir serta shalawat, kemudian dilantunkan lagu sholawat ayo santri. Selanjutnya sambutan Wakil Gubernur Jatim yang akrab di sapa dengan nama Gus Ipul. Di dalam sambutannya terdapat tiga hal yang di lakukan dalam memperingati hari santri ini, yaitu pertama mengingat Allah dan Nabi dimana kita hal nya sebagai manusia untuk terus berdo’a dan bershalawat, karena dengan sholawat akan mendapat syafaat Nabi juga ketenangan hati. Dengan ini NU mengajak bershalawat agar hati tenang. Ke dua semangat di tekankan untuk bisa meniru meneladani para terdahulu yang berjuang semangat cinta tanah air.

Mengingatkan dan mengingat bahwa pemersatu kita adalah Pancasila dengan cinta Tuhan cinta Rasul cinta tanah air. Dan yang terakhir yaitu dimana hari santri ini untuk jadikan momentum membangun kebersamaan, dengan semangat gotong royong inilah kekuatan bersama terhadap bangsa juga di harapkan pada hari santri ini para pemimpin dengan masyarakat dapat terus rukun dan terus berjuang bersama demi bangsa. (Mutia, Izza)

No Response

Leave a reply "Peringati Hari Santri, Wagub Hadiri Jember Bershalawat"