Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Peringati HUT Bhayangkara, Polres Sinergi Dengan Pemkab Adakan Lomba Kampung Aman

Pembukaan lomba Kampung Aman dengan menerapkan E-Siskamling diselenggarakan dalam rangka HUT Bhayangkara Ke-71, di langsungkan di pusat kota Alun-alun Jember, Jum’at pagi (12/5/2017).

Upacara yang di hadiri oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief, Ketua DPRD Kabupaten Jember H.M Thoif Zamroni SH.I, beserta segenap OPD Kabupaten Jember dan Forkopimda Kabupaten Jember, dipimpin oleh Inspektur Upacara AKBP Kusworo Wibowo SH.SIK, Kapolres Jember.

Kapolres Kusworo menyampaikan bahwa kriteria pemenang ialah zero crime atau tidak ada tindak kejahatan selama satu bulan setengah kurang lebih, dan semua melaksanakan piket, kelengkapan sarana kamling.

Pada acara berlangsung diisi dengan simulasi e-siskamling sambil menyantap hidangan yang di sediakan area pinggir lapangan, acara cukup meriah juga karena diiringi penampilan kesenian musik patrol Jember Putra.

Menurut AKBP Kusworo bahwa e-siskamling telah di laksanakan satu bulan yang lalu oleh Kapolda Jawa Timur, dan di Jember e-siskamling berkolaborasi dengan kampung aman.

Lomba kampung aman diikuti 248 Desa di Kabupaten Jember. Petugas yang berjaga dapat terlihat dengan e-siskamling, dimana setiap rute yang di lewati di desa tersebut terdapat barcode di setiap rutenya yang di scaning hingga kembali ke pos kamlingnya.

Petugas jaga di bagi menjadi 4 kelompok atau tiap beberapa jam yang di tiap jamnya berisi 3-4 orang di tiap regu di tiap Desa kemudian di komunikasikan kepada Kepala Desa untuk menentukan rute desa yang paling rawan di kecamatan tersebut, dengan hasil 248 rute desa yang paling rawan kriminalitas, mabuk-mabukan, judi dan hal yang semacamnya.

Di harapkan dengan adanya patroli e-siskamling yang di laksanakan tiap jam juga scaning barcode di setiap rute dapat mengurangi bahkan mencegah kejahatan.

Aplikasi ini tidak dapat di unduh semua orang karena memang di berikan kepada petugas siskamling atau petugas ronda dengan username dan password yang dimintai KTP yang bersangkutan sehingga pada saat pelaksanaan ronda laporan-laporannya bisa di laksanakan secara bertanggungjawab.

Di sisi lain, Bupati Faida menegaskan sinergisitas dalam pelaksanaan e-siskamling berjalan sempurna antara Pemkab Jember, Kapolres Jember, Pemerintahan Desa dan masyarakat.

Dan apel pada hari ini di hadiri kurang lebih dua ribu lima ratus peserta yang di dominasi masyarakat. Ini menunjukkan bahwa keamanan di sadari menjadi tanggungjawab bersama.

E-Siskamling menjaga keamanan wilayah masing-masing menjadikan sesuatu yang bernuansa modern namun tetap dengan nuansa gotong royong yang di kemas dalam IT modern.

Jadikan kegiatan e-siskamling ini dapat lebih di monitor, lebih dapat di nilai dan dapat di apresiasi secara obyektif mana yang paling disiplin, mana yang lebih bertanggungjawab dan kampung mana yang paling aman.

Pemerintah Kabupaten Jember bersama Polres Jember akan mengapresiasi wilayah-wilayah yang paling aman dan sukses menjalankan e-siskamling. (Izza)

No Response

Comments are closed.