Peringati Maulid Nabi dan Tasyakur Gelar Pahlawan Kyai As’ad, Pemkab Gelar Sholawatan

Jember bersholawat kembali digelar, kali ini diselenggarakan dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan tasyakuran pemberian gelar Pahlawan Nasional KHR. As’ad Syamsul Arifin. Jember bersholawat dilaksanakan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan Pemkab Jember di alun-alun Jember, Senin malam (19/12/2016) yang di hadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Jember Drs. KH. A. Muqit Arief beserta segenap ulama, kyai juga segenap tokoh masyarakat dan juga santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah Syafi’yah Sukerejo.

Gerimis tidak menghalangi acara yang terus berlangsung dengan lantunan sholawat bersama secara damai dan khusyuk.

Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief yang mewakili panitia penyelenggara, menyatakan pihaknya sebenarnya sudah agak ketar-ketir karena hujan sudah mengguyur dari sore, namun hujan berakhir sehingga bisa berlangsung, walaupun hujan majelis ini tetap berjalan seperti yang di rencanakan.

Acara gabungan antara PCNU dan Pemkab ini sedianya menghadirkan Habib Syeh dengan di fasiltasi oleh Wagub Jatim, namun pada akhirnya meminta maaf karena di tunda kehadirannya pada acara sholawat ini.

Jember bersholawat ini juga sebagai bagian dari rangkaian tasyakuran atas anugerah yang di berikan oleh Presiden RI atas gelar pahlawan, yang sebwlumnya telah di laksanakan napak tilas. Almarhum Kyai As’ad ialah 3 pejuang yaitu pejuang dalam merebut kemerdekaan, pejuang mempertahankan dan pejuang mengisi kemerdekaan RI.

Dengan harapan sebagai pelanjut perjuangan beliau akan bisa berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi Negeri. Dalam rangka peringatan hari lahir Nabi Muhammad yang di kemas dengan senandung sholawat telah di sepakati bukannya hanya Pemkab Jember dan PCNU dan seluruh organisasi sholawat untuk menjadikan Jember sebagai bumi sholawat. Di harapkan sholawat selain mengandung nilai silaturrahim di harapkan juga barakah dari Allah SWT.

Sholawat yang terus dikumandangkan dan di sambung dengan penyampaian oleh Nyai Hj. Uswatun Hasanah Ghofir selaku mewakili pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi’yah Sukerejo. Nyai Hj. Uswatun sedikit bercerita tentang almarhum KHR As’ad di mata keluarga, yang mana telah menjadi pahlawan bagi keluarga bahkan juga bagi santri dan masyarakat yang mengenalnya, maka keluarga besar salafiyah syafi’iyah menyampaikan terimakasih terhadap di berikannya gelar kepada almarhum KHR As’ad.

Sementara itu KH. Muhidin Abdusshomad, dari PCNU Jember selain membahas Kyai As’ad, juga menyampaikan sejarah Nabi Muhammad yang di kagumi di cintai dan di rindukan oleh ummat manusia. Keluarbiasaan Nabi Muhammad secara fisik memang sangan tampan dan sempurna tidak ada cela untuk di kritik kekurangannya juga tidak ada apalagi unsur akhlak tingkah laku yang menjadi suri tauladan bagi umat manusia.

Sehingga diharapkan peringatan maulud Nabi dan gelar Jember bersholawat tersebut, tidak hanya berhenti pada acara seremonial belaka. Namun bisa mentauladani seluruh akhlak Rosul dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. (Izza)

No Response

Leave a reply "Peringati Maulid Nabi dan Tasyakur Gelar Pahlawan Kyai As’ad, Pemkab Gelar Sholawatan"