Peringati Maulid Nabi, Silo Gelar Malam Bersholawat

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR. menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Silo yang telah melakukan kontrol terhadap pembangunan yang sedang dijalankan Pemerintah Kabupaten Jember.

“Alhamdulillah pembangunan di Silo sudah mulai berjalan lancar. Sampai Baban mulai diaspal,” ujar Bupati dalam sambutannya di acara Jember Bersholawat di Lapangan Sempolan Kecamatan Silo, Senin malam (18/12/2017). Baban termasuk daerah terpencil.

Pembangunan tersebut berjalan lancar karena peran serta masyarakat yang melakukan pengawasan.

“Saya terima kasih kepada masyarakat Silo, karena saya dan wakil bupati banyak dibantu,” lanjut Bupati.

“Buktinya, kalau ada yang membangun tidak benar, paling cepat dapat laporan dari masyarakat Silo,” ungkap Bupati terkait peran pengawasan dari masyarakat Silo.

Pembangunan mesti berjalan sesuai arah yang telah ditentukan, sebagaimana dalam 22 Janji Kerja Bupati – Wakil Bupati.

“Kalau tidak dibantu diawasi masyarakat kan nggak cukup mata – telinga Bupati dan Wakil Bupati,” tutur perempuan pertama Bupati Jember ini.

Menjadi mata dan telinga pemerintah Faida – Muqit dalam realisasi 22 Janji Kerja sangat penting.

“Makanya, saya mengucapkan terima kasih karena benar benar dikawal pembangunan di Silo. Sehingga yang membangun di Silo mikir mikir kalau mau bikin aspal tipis, bikin tidak cocok. Takut sama masyarakat Silo,” kata Bupati Faida yang langsung mendapatkan tepuk tangan jamaah sholawat.

Jember Bersholawat di Lapangan Sempolan Kecamatan Silo dihadiri Anggota DPRD Jember Andik Ferianto, Asisten Perekonomian Edy Budi Susilo, Kepala Dinas Koperasi dan UKM M Jamil, Kepala Dinas Sosial Susanti, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Dedi M Nurahmadi, serta sejumlah camat. Tausyiah dalam sholawatan disampaikan oleh KH Rosyidi Baihaqi.

Lantunan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW menggema oleh jamaah yang hadir. Meski diguyur rintik hujan, masyarakat antusias mengikuti sholawatan untuk memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW 1439 H ini.

Selain bersholawat, Pemerintah Kabupaten Jember juga memberikan bantuan sembako kepada fakir miskin. Secara simbolis bantuan diberikan kepada 10 fakir miskin warga Silo. Sepuluh bantuan ini dari 180 bantuan yang diberikan Pemkab Jember melalui Dinas Sosial.

Dinas Sosial juga memberikan bantuan E-Warung KUBE PKH (Program Keluarga Harapan).

Selain menggelar sholawatan, Pemkab Jember melalui Dinas Koperasi dan UKM menggelar bazar produk lokal. Usai sholawatan, Bupati mengunjungi bazar dan langsung melakukan pembinaan kepada para pelaku usaha.

Beberapa produk yang dipamerkan belum masuk dalam katalog. Produk ini kemudian dicatat untuk masuk dalan katalog produk Jember.

Bupati juga berdialog dengan pelaku usaha, utamanya mengenai pengembangan usaha. Bupati berjanji memberikan bantuan, mulai dari pemasaran, pelatihan, peralatan, sampai modal.

“Tidak usah proposal-proposalan. Catat nama perajinnya, berapa jumlahnya. Kalau ada kelompok, apa nama kelompoknya,” tutur Bupati kepada perajin tikar. (*f2)

No Response

Comments are closed.