Perlu Dorongan Tingkatkan PDRB Sektor Pertanian

400 views

Kabupaten Jember termasuk daerah agraris. Sedikitnya 30 persen berkontribusi sebagai lahan pertanian.

Namun, kondisi itu berbeda dengan sumbangsih dalam peningkatan pertumbuhan PDRB (Produk Domestik Regional Bruto).

Sektor pertanian memberikan kontribusi hanya berkisar 3-4 persen.

“Ini menunjukkan perlunya dorongan, diberikan kesempatan, fasilitas, dan strategi untuk meningkatkan kembali kontribusi,” kata Drs. Edy Budi Susilo, M. Si., Asisten Pembangunan Pemerintah Kabupaten Jember, saat pelantikan Pengurus Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jember, Sabtu (25/2/2018).

Pelantikan Pengurus HTKTI Jember periode 2018 – 2023 berlangsung di Bernady Land Slawu. Jumantoro sebagai ketua dilantik bersama sejumlah pengurus lainnya oleh Ketua HKTI Jawa Timur. Selain Edy Budi Susilo, hadir juga sejumlah pejabat Pemkab Jember.

Acara pelantikan Pengurus HKTI tersebut juga diwarnai bazar buah dan sayuran.

Drs. Edy Budi Susilo, M.Si., berharap kepengurusan HKTI Jember di lima tahun kedepan bisa membawa perubahan dan menyejahterakan petani.

“Dan bersinergi pemikiran bersama pemerintah daerah menyejahterakan para petani,” ujar Edy.

Ketua HKTI Provinsi Jatim, H. Achmad Nawardi menyampaikan keinginannya untuk bisa bermitra dengan pemerintah, mulai dari pusat sampai kabupaten dan kota.

“Agar menjembatani kepentingan pemerintah dengan kepentingan petani. Bersinergi tenaga, pikiran, kerjasama dan semua tujuannya hanya untuk petani,” kata H. Achmad Nawardi. (mutia/*f2)

No Response

Comments are closed.