PERLU PEMETAAN POTENSI HORTIKULTURA

2979 views

Jember Kita. Jember memang sebuah daerah yang memiliki banyak kelebihan. Tidak hanya sebagai daerah perkebunan yang dikenal dengan komoditi ekspornya, di sector pertanian, Jember juga bisa berbangga diri, karena produksi padinya mampu menembus 1 juta ton per tahun. Ini belum lagi untuk komoditi hortikultura. Di Kabupaten Jember hampir berbagai jenis tanaman holtikultura bisa ditemui dan dikembangkan masyarakat. Tanaman hortikultura ini bisa ditemui di hampir setiap kecamatan di Kabupaten Jember.

Beberapa jenis tanaman hortikultura yang banyak ditanam masyarakat di Kabupaten Jember, adalah, berbagai jenis sayuran, mulai kol, bayam, sawi, brokoli, cabe, bawang, dan sebagainya. Tanaman sayuran ini, banyak dibudidayakan petani di daerah selatan Kabupaten Jember, seperti Ambulu dan bagian utara, seperti di Kecamatan Panti, juga di beberapa daerah lain di Kabupaten Jember.

Sementara untuk jenis tanaman buah, pada masing-masing daerah di Kabupaten Jember, memiliki kekhasan sendiri-sendiri. Daerah timur Kabupaten Jember, seperti Sumberjambe, dikenal dengan tanaman durennya, Arjasa dengan Buah Naganya, Panti dengan Rambutannya, Sumberbaru dan Tanggul dengan Manggisnya, Semboro, Umbulsari dengan Jeruknya, dan Gumukmas juga Semboro dengan buah Salaknya.

Sungguh Kabupaten Jember dengan berbagai macam komoditi pertaniannya, memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki daerah lain. Namun sayang, potensi yang dimiliki Kabupaten Jember ini, belum sepenuhnya bisa memberikan kontribusi besar terhadap upaya peningkatan pendapatan petaninya.

Karena itu, perlu dilakukan upaya agar potensi yang ada ini dapat memberikan kontribusi dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat. Salah satu langkah yang dapat dilakukan, yakni melakukan pemetaan atas sentra tanaman sesuai dengan iklim mikro pada masing-masing daerah.

No Response

Comments are closed.