Perlu Sambungan dari Hati ke Hati untuk Mengawal DIPA

Bupati Jember dr Hj Faida MMR menyatakan perlunya sambungan dari hati ke hati untuk mengamankan pelaksanaan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2018.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam sambutan singkatnya dalam prosesi penyerahan DIPA kepada Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) di aula Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jember di Jalan Kalimantan, Rabu (20/12/2017).

“Jabat tangan dengan Bupati adalah sambungan hati untuk mengamankan dan melaksanakan DIPA sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Bupati dalam sambutannya. Bupati juga menjelaskan bahwa KPPN Jember menjadi ‘kepala suku’ dalam mengawal pelaksanaan DIPA.

Sementara itu, Kepala KPPN Jember Sudarman SE. memberikan laporan tentang DIPA tahun 2018. Dikatakannya, alokasi dana DIPA dan dana transfer ke daerah untuk wilayah KPPN Jember tahun 2018 sebesar 6T.

DIPA yang diserahkan ke KPPN Jember saat ini berjumlah 69 DIPA dengan pagu sebesar 1,8 T terdiri dari kantor verikal dan dana tugas pembantuan sekitar 7,8M. Kabupaten Jember 56 DIPA dengan Pagu sebesar 1,5 T.

Sudarman menjelaskan, dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan APBN tahun 2018 perlu upaya percepatan pelaksanaan kegiatan di proyek.

“Terutama untuk pembangunan infrastruktur dan pengadaan barang dan jasa dalam skala besar,” jelasnya.

Proses percepatan tersebut, menurut Sudarman, bisa dilakukan dengan melaksanakan proses pengadaan barang dan jasa sebelum memasuki tahun 2018.

“Namun untuk penandatanganan kontrak baru dapat dilakukan setelah DIPA disahkan dan berlaku efekitif pada tanggal 2 Januari 2018,” pungkasnya. (mutia/*f2)

No Response

Comments are closed.