Perubahan RPJMD untuk Sinkronisasi Perubahan Tupoksi OPD

Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief menyampaikan nota pengantar perubahan Peraturan Daerah No 1 tahun 2016 tentang RPJMD Kabupaten Jember tahun 2016 – 2021.

Penyampaian perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dilakukan dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Jember, Selasa (18/07/2017).

“Terjadi perubahan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) organisasi perangkat daerah (OPD) dan urusan penyelenggaraan pemerintahan sehingga RPJMD perlu penyesuaian untuk mengakomodasi perubahan OPD penanggungjawab dan OPD yang terlibat bersinergi pada sasaran dan program pembangunan,” jelas Wabup.

Penyesuaian juga dilakukan dalam rangka memperbarui data data. Seperti data capaian, data keuangan, aturan dan metode, serta penggunaan istilah istilah sebagai koreksi redaksional.

Disampaikan bahwa masukan DPRD Kabupaten Jember telah dikonsultasikan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Timur dan telah disesuaikan menjadi rancangan akhir perubahan RPJMD 2016 – 2021.

Akibat penyesuaian tersebut, data-data tahun 2016 berubah status menjadi data sebagai bahan analisis dalam menentukan target lima tahun mendatang.

Penambahan beberapa program baru juga dilakukan sebagai akibat terjadinya pengurangan, penambahan, penggabungan, dan pemisahan bidang dalam OPD yang mengalami perubahan tupoksi.

Dalam pidatonya Wakil Bupati juga menyampaikan rumusan permasalahan yang menjadi salah satu pijakan penting dalam merumuskan berbagai kebijakan pembangunan.

Terdapat permasalahan umum pembangunan yaitu rendahnya daya saing SDM, melambatnya laju pertumbuhan ekonomi daerah, belum terpenuhinya pelayanan infrastruktur dasar, belum terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik, dan belum terciptanya kualitas lingkungan hidup yang baik dan sehat.

Perubahan RPJMD ini, masih kata Wakil Bupati, menjadi pedoman bagi pelaksanaan pembangunan dan instrumen evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam lima tahun kedepan. (*f2/Izza)

No Response

Comments are closed.