Campak Rubella

Peserta Tajemtra Berangkat Dengan Semangat NKRI Harga Mati

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., menggelorakan semangat NKRI Harga Mati kepada ribuan peserta Lomba Gerak Jalan Tanggul – Jember 2017, Sabtu (9/9/2017).

“Pagi, pagi, pagi.. NKRI harga mati,” suara peserta Tajemtra menggelegar di Alun-alun Tanggul, menjawab komando bupati.

Tajemtra ini diikuti oleh 9.544 orang, yang berasal dari Kabupaten Jember dan kabupaten sekitar.

Menariknya, terdapat peserta tertua berusia 104. Pria ini bernama Tukin. Dia tidak sendirian sebagai peserta tua. Ada juga Suprapto dan Sukarto, yang berusia 77 dan 76 tahun.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Dedi, M. Nurahmadi mengatakan lomba gerak jalan Tajemtra merupakan kegiatan untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-72.

“Dengan tema Berjuang untuk Bersama Demi Jember Baru Jember Bersatu,” kata Dedi M Nurahmadi.

Tajemtra diselenggarakan juga untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, serta sebagai hiburan yang murah bagi masyarakat Jember.

Bupati dalam sambutannya menjelaskan usia penyelenggaraan Tajemtra tahun ini sudah 45, sejak kali pertama diselenggarakan pada tahun 1972.

“Tajemtra ini sebagai ajang olahraga, ajang silaturahmi, ajang kreativitas. Dan tidak kalah penting, Tajemtra juga menjadi pembangkit ekonomi kerakyatan di sepanjang jalan Tanggul -Jember,” Bupati dalam pidatonya.

Bupatipun mendoakan para pedagang kaki lima yang berjualan di sepanjang jalur Tajemtra, agar mendapat banyak rejeki dan jualannya laris.

Sebelum memberangkatkan peserta, Bupati berpesan agar peserta tidak membawa senjata tajam, minuman keras. “Jangan ada sesuatu yang mengganggu keamanan dan ketertiban kegiatan ini,” ucap Bupati.

Bupati kembali mengingatkan agar peserta tidak meninggalkan shalat lima waktu saat mengikuti Tajemtra.

“Panitia dan para Camat di sepanjang jalur Tajemtra bersama takmir masjid sudah menyiapkan fasilitas-fasilitas untuk seluruh peserta dan penonton agar tetap bisa menjalankan shalat lima waktu,” tegas Bupati.

Bupatijuga mengajak peserta kompak selama perjalanan hingga even kebanggaan masyarakat Jember itu sukses. (Mutia/Izza)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Comments are closed.