Jember Kota Pandhalungan

Petani Waspadai Musim Hujan

97 views

      sawah  Dikenalnya Jember sebagai daerah pertanian, ternyata membuat Disperta  Pemkab Jember  terus melakukan upaya peningkatan mutu dan produksi ketahanan pangan di daerah tersebut. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya kegiatan dan sosialisasi yang dilakukan terhadap petani di Jember.

            Beberapa langkah yang telah dilakukan , diantaranya adalah sosialisasi penggunaan pupuk yang baik , peningkatan produksi dan masih banyak kegiatan lainnya yang telah dilakukan Disperta di kota suwar suwir ini.

            Terlebih pada musim hujan seperti saat ini,inovasi perlu diingkatkan lagi untuk menjaga hasil produksi agar tidak mengalamai gagal panen dikalangan petani. Untuk itu banyak hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan saat tanam padi di musim hujan seperti ini.

            Seperti yang dikatakan Soleh, petani asal Jember Utara, menurutnya rasa was-was saat bertanam padi di musim hujan ini memang sering dirasakan “ musim hujan, memang kami waspada sekali  mengalami gagal panen, jadi berbagai upaya kami lakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan ” ujarnya.

            Menyikapi hal itu, Kabid Peningkatan Produksi Tanaman Dinas Pertanian – Jember,  Abdul Halim mengatakan bahwa untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan, seperti gagal panen, memang perlu dilakukan berbagai upaya untuk itu “ untuk menghindari tanaman padi terhindar dari genangan air pada saat musim hujan , maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan, diantaranya seperti petani  membuat saluran air , melakukan pemupukan berimbang sehingga padi mempunyai ketahanan yang lebih baik lagi, serta pembibitan dengan menggunakan benih  varietas unggul “jelasnya. (*)

No Response

Comments are closed.