Jember Kota Pandhalungan

PKK Ajak Tingkatkan Konsumsi Sayur dan Buah

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember, Hj. Maimunah Muqit MPdi. Didampingi Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan konsumsi sayur dan buah demi kesehatan.

Hal itu disampaikan pada lomba display buah, sayur dan lomba cipta olahan coklat khas Jember Tahun 2016 yang berlangsung di Gedung Serba Guna Kaliwates Jember, Senin siang (15/8/2016), dihadapan Kepala SKPD atau yang mewakili, Camat dan Ketua tim penggerak PKK kecamatan Se-Kabupaten Jember.

“Tujuan dari acara yang diselenggarakan oleh organisasi PKK ini antara lain peningkatan konsumsi buah dan sayur bagi masyarakat, peningkatan mutu dan kualitas pangan lokal khas Jember berupa olahan coklat karena Jember penghasil coklat terbesar di Indonesia, peningkatan pengetahuan dan penyajian menu beragam dan bergizi.” Jelasnya.

Dasar pelaksanaan acara tersebut adalah bagian dari program kerja tim penggerak PKK Kabupaten Jember 2016 Tentang program pangan.

Suasana lomba cukup meriah, karena diikuti banyak, paling tidak ada 31 peserta dari tim penggerak PKK kecamatan Se-kabupaten Jember, display buah sebanyak 31 peserta tim penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Jember, lomba olahan coklat khas Jember sebanyak 30 peserta tim penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Jember.
Sementara dewan juri berasal dari Dinas Pertanian Kabupaten Jember, Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, SMKN 3 Jember, SMKN 5 Jember, FTP Universitas Jember, Poltek Jember dan TP PKK Kabupaten Jember.

Usai meninjau peserta lomba dan memberikan pernyataan, Wabup kemudian menyerahkan Tropi kepada masing-masing pemenang hasil penilaian dewan juri.

Tak lupa, Wakil Bupati juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua peserta yang ikut meramaikan kegiatan pada siang hari tadi.

Keberadaan tim penggerak PKK baik di tingkat Kabupaten Jember ataupun di tingkat kecamatan sampai ke tingkat desa diharapkan dengan dukungan sumber daya manusia dan sumber dana yang tidak sedikit sangat mungkin untuk melakukan sesuatu yang konkrit dalam rangka untuk mengukir sejarah mengembangkan kemajuan Jember yang kita cintai dan salah satunya ialah kegiatan yang dilaksanakan pada saat ini.

Wabup juga menyampaikan bahwa urusan display yang terlihat sederhana tetapi di jaman sekarang faktor display sangat menentukan bagaimana menyuguhkan sayur dan makanan-makanan yang lain kepada konsumen. dengan pengalaman Pak Wabup yang membandingkan harga sayur bayam di pasar tanjung dengan sayur bayam di Matahari yang memiliki perbandingan karena faktor display, faktor kebersihan, faktor penyajian dan tentunya faktor service dari siapa yang menjanjikan termasuk juga buah dan lain sebagainya.

“Kompetisi lomba yang diadakan pada saat ini saya mengharapkan ini tidak hanya sekedar mengikuti sebuah kompetisi tidak hanya dipajang di stan masing-masing hanya untuk dinilai tapi yang jauh lebih penting dari itu adalah bagaimana event-event semacam ini bisa dijadikan sebagai media pembelajaran bagi kita semua,” imbuhnya.

Jember yang kaya dengan buah, sayur dan kebun-kebun coklat juga Jember satu-satunya yang memiliki lembaga penelitian kopi dan kakao dan sudah ada 3 kabupaten untuk belajar dan jika orang Jember tidak mau belajar itu merupakan kerugian yang luar biasa menurut.

Wabup juga menyampaikan selamat kepada para pemenang dan tentunya yang belum menang terus berkreasi bagaimana ke depannya bisa lebih baik lagi tidak hanya untuk kepentingan kompetisi tetapi juga untuk kepentingan yang lain. “Teruslah berkreasi dengan tidak pernah henti, semoga Kegiatan ini dapat menambah pengetahuan untuk terus meningkatkan apa yang telah kita miliki selama ini.” Pintanya. (Mutia, Izza)

No Response

Leave a reply "PKK Ajak Tingkatkan Konsumsi Sayur dan Buah"