Download Logo HUT RI 72

PKK Diharapkan Miliki Terobosan

HUT RI 72

Camat dan Ketua Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan diharapkan memiliki strategi, pemikiran kritis, dan terobosan-terobosan baru di wilayahnya agar menjadi lebih baik.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember Hj. Maimunah Muqit M. Pd.I  dalam pidato pengarahannya usai melantik 28 Ketua Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan di Aula PB Sudirman Pemkab Jember, Rabu (18/1) siang.

“Diketahui bersama, bahwa di Kabupaten Jember masih banyak yang kurang mampu, masalah kesehatan, dan banyak lagi permasalahan yang belum mendapat perhatian,” ujarnya. Kondisi ini yang perlu mendapatkan perhatian.

Untuk itu Tim Penggerak PKK Kecamatan harus berkoordinasi dengan ketua pembina tingkat kecamatan dan desa, serta dinas terkait maupun seluruh elemen masyarakat dalam melaksanakan 10 program pokok PKK.

Dijelaskan, PKK ikut serta dalam mendukung program pemerintah di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan pertanian.

Di bidang Pendidikan, PKK telah membentuk Pos Paud, memotivasi, dan mengontrol kegiatan keaksaraan fungsional.

Di bidang kesehatan, PKK memberdayakan  Posyandu yang merupakan pelayan dasar kesehatan kepada masyarakat supaya pencegahan kematian ibu dan bayi di sosialisasikan melalui penyuluhan. Juga menciptakan hidup sehat melalui perilaku hidup bersih dan sehat.

Di bidang ekonomi, PKK ikut meningkatkan dan memberdayakan masyarakat melalui kelompok-kelompok UP2K PKK. Sementara di bidang pertanian memanfaatkan lahan pekarangan untuk dapat diolah.

Hj. Maimunah Muqit M. Pd.I berharap TP. PKK Kecamatan bersama-sama mengaktifkan kelompok dasa wisma (Dawis). Dawis merupakan ujung tombak PKK. Seluruh sumber data kegiatan di masyarakat ada di Dawis. Kedepan, data-data yang ada bisa valid maka data ini lebih dikelola menjadi lebih baik lagi dan bisa benar-benar valid.

Ketua Pembina PKK Kecamatan Rambipuji, Purwadi SH, menyampaikan harapannya amanat sebagai ketua dapat dilaksanakan dengan sebaik- baiknya.

“Karena hal yang terlihat mudah tidak lagi mudah jika telah mengikuti kegiatan di lapangan. Yang akan ada berbagai macam rintangan untuk diselesaikan bersama,” tuturnya.

Dua puluh delapan Ketua PKK tingkat kecamatan itu yakni Kecamatan Kaliwates, Sumbersari, Patrang, Arjasa, Sukowono, Pakusari, Kalisat, Ledokombo, Sumberjambe, Mayang, Silo, Tempurejo, Mumbulsari, Rambipuji, Panti, Sukorambi, Jenggawah, Ajung, Tanggul, Bangsalsari, Sumberbaru, Semboro, Kencong, Puger, Umbulsari, Jombang, Balung dan Wuluhan. (*F2, Izza)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Leave a reply "PKK Diharapkan Miliki Terobosan"