PNS jadi Pemanasan, Seniman Didorong Jadi Kebanggan

Perhelatan pamungkas Pandhalungan Night Show (PNS) di Jember Edu Garden, Jumat (24/03/2017) malam, benar-benar meriah. Ratusan penonton memadati lokasi acara untuk menyaksikan berbagai penampilan yang tersaji.

Paling heboh tentu saja penampilan Opera Pandhalungan. Sebab, salah seorang pemain opera tersebut adalah Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR. Di opera itu, Bupati berperan sebagai Dewi Rengganis. Meski dinyatakan hanya sekali berlatih, bupati terlihat tampil total, sehingga mampu membetot perhatian penonton.

PNS pamungkas ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Berikutnya langsung dengan flashmob Tari Pandhalungan yang diikuti para seniman dan penonton. Semua orang menari bersama dengan ceria.

Selanjutnya, pengunjung dibikin terpukau dengan penampilan Ndhalungnesia Etnic Band, kelompok musik bentukan Sanggar Kartika Budaya dan Nak-Kanak Pandhalungan.

Berbeda dengan penampilan musik pada umumnya, Ndhalungnesia Etnic Band mengusung kolaborasi musik modern dan tradisional. Dua lagu daerah, Gundul Pacul dan Cublek Suweng disuguhkan dengan aransemen musik modern bernuansa Ska.

Berikutnya tampil berbagai kesenian yang dibawakan oleh para seniman, baik oleh seniman muda hingga seniman kawakan. Penonton pun terhibur oleh berbagai sajian apik dari para seniman Jember.

Pada akhir acara penutupan PNS, Bupati Faida menyatakan Pandhalungan Night Show sebagai pemanasan luar biasa. “Lebih heboh dari yang saya perkirakan dan lebih bagus dari yang saya perkirakan,” ujar Bupati.

Bupati menyatakan juga siap menjadi dirijen seni budaya Kabupaten Jember. Menurutnya, harus ada pihak yang mengelola seni budaya.

No Response

Leave a reply "PNS jadi Pemanasan, Seniman Didorong Jadi Kebanggan"