Polisi Gelar Operasi Lilin untuk Keamanan Natal dan Tahun Baru

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2016 dan tahun baru 2017, kepolisian Resort Jember menggelar Operasi Lilin Semeru 2016. Kesiapan operasi itu ditunjukkan dalam gelar apel pasukan di alun-alun Jember, Kamis ( 22 /12/2016).

“Kita berupaya maksimal dari segala bentuk gangguan. Kita berharap yang terbaik, tapi kita juga bersiap yang terburuk,” kata AKBP Kusworo Wibowo, Kepala Kepolisian Resort Jember di sela sela pemeriksaan kendaraan.
AKBP Kusworo Wibowo menjelaskan total pasukan yang diterjunkan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru berjumlah 517.

Pasukan ini terdiri dari 400 anggota kepolisian, sedangkan sisanya terdiri dari instansi instansi lain seperti TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP termasuk Pramuka.

Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqid Arief menyampaikan toleransi di Kabupaten Jember terjalin cukup baik. “Meski demikian kita tetap melakukan upaya menjaga toleransi tersebut,” ujar Wabup usai gelar apel.

Wabup juga berharap toleransi yang terjalin baik itu, yang di antaranya ditunjukkan dengan kegiatan jalan sehat lintas agama serta diskusi-diskusi lintas agama, bisa ditularkan kepada generasi penerus.

Dalam gelar apel pasukan itu, Kapolres menyampaikan amanat Kapolri terkait situasi keamanan saat ini. Disampaikannya bahwa situasi konflik global memengaruhi situasi keamanan di dalam negeri, seperti masih adanya teror yang diyakini akan bisa berlangsung kemudian hari.

Kapolri menyampaikan adanya tantangan menciptakan situasi keamanan atas berkembangnya suasana intoleransi antar agama yang terjadi dalam situasi Pilkada serentak.

Operasi lilin digelar karena prediksi situasi yang meningkat menjelang Natal dan Tahun Baru. Operasi lilin akan berlangsung selama sepuluh hari, mulai 23 Desember 2016 sampai 1 Januari 2017. (*F2)

No Response

Leave a reply "Polisi Gelar Operasi Lilin untuk Keamanan Natal dan Tahun Baru"