Download Logo HUT RI 72

Polres Ungkap Peredaran Uang Palsu

HUT RI 72

Kepolisian Resort Jember berhasil mengungkap peredaran uang palsu senilai lebih Rp. 700 juta. Pelaku dan barang bukti berhasil diamankan. Polisi pun berupaya mengungkap jaringan pemalsuan uang palsu ini.

“Awalnya mendapatkan bantuan informasi dari warga yang kemudian ditindaklanjuti oleh Resmob Satreskrim Polres Jember,” jelas AKBP Kusworo Wibowo, SH, SIK, MH, Kapolres Jember saat rilis ungkap kasus.

Kapolres menjelaskan, tersangka yang berhasil diamankan berinisial AJ, yang bertempat tinggal di Kecamatan Sumbersari. Tersangka dan barang bukti kasus ini dirilis di halaman Mapolres Jember di Jl. Kartini, Kamis (19/1/2016).

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, tim.Resmob yang menindaklanjuti informasi warga telah berhasil menemukan tersangka. “Kita berhasil mengamankan dari badan tersangka sekitar enam puluh jutaan uang seratus ribuan,” ujarnya.

Temuan itu kemudian ditindaklanjuti dengan pencarian di tempat penyimpanan uang palsu lainnya. Kepolisian pun menemukan barang bukti yang lebih besar, sekitar Rp. 650 juta.

Modus yang digunakan tersangka, lanjut Kapolres, yakni membeli uang palsu dengan harga sepertiga dari nilai uang palsu. “Jadi beli sepuluh juta dengan harga tiga juta,” jelasnya.

Uang palsu tersebut kemudian diedarkan oleh tersangka dengan cara jual beli juga. Tersangka menjual satu gepok uang palsu senilai 10 juta dengan harga Rp. 3,5 juta. “Jadi tersangka mendapatkan keuntungan lima ratus ribu,” terang Kapolres.

Tersangka dijerat dengan pasal 36 Undang-undang no 7 tahun 2011 tentang mata uang. Ancaman hukumnya maksimal 10 tahun penjara dengan denda sebesar Rp. 10 miliar.

Terkait dengan penjual uang palsu kepada tersangka, Kapolres menyatakan sedang melakukan penyelidikan. Kasus ini pun masih dalam pengembangan untuk mencari jaringan pelaku lainnya. (*f2)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Leave a reply "Polres Ungkap Peredaran Uang Palsu"