Jember Kota Pandhalungan

Potensi Tanaman Sengon

412 views

Sengon.Pengembangan komoditas kayu adalah bahan yang baik untuk industri. 30% dari pengembangan komoditas kayu merupakan kawasan hutan rakyat yang mempunyai potensial. Budidaya untuk tanam kayu-kayuan sangatlah menjanjikan mengingat kebutuhan industri masyarakat.Target Disbunhut yakni merehabilitasi lahan – lahan yang tidak digunakan agar lahan tersebut dapat berpotensi dan menambah nilai ekonomi bagi masyarakat. Disbunhut menganjurkan kepada masyarakat agar menanam 3 pohon jika menebang satu pohon.

Industri kayu dilarang menggunakan hutan alam karena jumlah hutan alam saat ini semakin menurun,maka untuk industri kayu harus menggunakan hutan industri. Setiap tahun Disbunhut membagikan bibit-bibit bagus gratis kepada masyarakat.

Tanaman sengon adalah tanaman jangka pendek yang ideal umurnya selama 6 tahun. Untuk tanaman mahoni jangka waktunya berkisar 25 tahun sedangkan tanaman jati jangka waktunya berkisar 80 tahun. Budidaya tanaman sengon tidaklah sulit. Ketinggian yang optimal untuk tanaman sengon yakni di ketinggian 100-200 meskipun tanaman sengon merupakan tanaman yang mudah tumbuh di ketinggian berapa pun. Pada lahan berkrikil tanaman juga dapat tumbuh namun pertumbuhan tanaman sengon tersebut akan lambat. Tanaman sengon merupakan tanaman legumenuse yakni tanaman yang dapat menghasilkan pupuk untuk tanah karena tanaman sengon ini sangat responsif terhadap pupuk. Adapun tata cara budidaya tanaman sengon yakni dengan penyediaan bibit dari induk yang bagus dan bersetifikat, pemeliharaan tanaman sengon dengan menggunakan pupuk organik kemudian pemangkasan ranting yang tumbuh sebelum menjadi cabang kayu agar batang lurus dapat tumbuh besar namun pada tahunpertama pemangkasan ranting tidak dianjurkan dikarenakan daun-daun yang tumbuh pada ranting masih diperlukan untuk keperluan nutrisi batang tanaman. Secara teknis yang diperluykan untuk satu pohon kayu adalah batang lurus. Semakin besar batang kayu pohon maka semakin besar pula harganya. Jarak optimal untuk tanam tanaman sengon yakni 3X2 dan ada 1000 tanama sengon pada setiap hektarnya.  Rata – rata hasil tanaman sengon berkisar 300 meter kubik per hektarnya.

No Response

Comments are closed.