Jember Kota Pandhalungan

Presiden Anugerahkan Bintang Mahaputera Utama Kepada Mochamad Sroedji

moech-seroedji-mahaputra-utama

Menyambut Hari Pahlawan pada 10 November 2016, hari ini Kamis, Presiden Joko Widodo, kemarin Rabu, 9 November 2016 menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada tokoh Nahdlatul Ulama, Alm. K.H.R. As’ad Syamsul Arifin. Dalam upacara di Istana Negara itu, Presiden Jokowi juga menganugerahkan Tanda Kehormatan Republik Indonesia Bintang Mahaputera Utama kepada Alm. Mayjen TNI (Purn) Andi Mattalatta dan Alm. Letkol inf. (Anumerta) Mohammad Sroedji.

K.H.R. As’ad Syamsul Arifin lahir tahun 1897 di Mekkah dan meninggal 4 Agustus 1990 di Situbondo pada umur 93 tahun. Beliau tokoh yang berperan menggerakkan rakyat dan santri, khususnya dari Jawa Timur, saat pertempuran 10 November 1945 di Kota Surabaya. Sementara, Mayjen TNI (Purn) Andi Mattalatta, lahir di Barru, Sulawesi Selatan, 1 September 1920 dan meninggal di Makassar, 16 Oktober 2004 pada umur 84 tahun. Beliau adalah tokoh pejuang kemerdekaan asal Bugis. Adapun Letkol inf. (Anumerta) Mohammad Sroedji lahir di Bangkalan-Madura, pada 1 Februari 1915 dan meninggal pada 8 Februari 1949 pada pertempuran di Jember, Jawa Timur. Sroedji merupakan tentara yang berjuang di Kabupaten Jember melawan penjajah Belanda. Pejuang tersebut wafat akibat berondongan peluru pasukan Belanda pada 1949.

Dengan telah dianugerahkan tanda kehormatan Bintang Mahaputera Utama kepada Moc. Sroedji tersebut cukup membanggakan bagi masyarakat Jember. Apalagi selama ini sejumlah elemen dan tokoh Jember dengan didukung Pemkab Jember getol memperjuangkan perolehan gelar Pahlawan nasional hingga ke tingkat pemerintah pusat, meski belum berhasil. Namun anugerah tanda kehormatan tersebut sungguh membanggakan, karena dedikasi dan jasa yang luar biasa bagi negeri ini. Setelah penganugerahan ini, tinggal tugas generasi muda penerus bangsa di Jember tidak hanya bangga dengan gelar itu saja. Namun lebih kepada bagaimana mentauladani semangat juang para pahlawan bangsa ini dalam memerangi penjajah. (*)

No Response

Leave a reply "Presiden Anugerahkan Bintang Mahaputera Utama Kepada Mochamad Sroedji"