BAGIAN PEMERINTAHAN UMUM

1.,[attr style=”20px”]Nama Pimpinan,Drs. H. SYAFI’I. M.Si
2.,NIP,
3.,TMT Jabatan/Mulai Menjabat,
4.,Temapat Tanggal Lahir,
5.,Agama,Islam
6.,Alamat Kantor,
7.,Alamat Rumah,
8.,No. Telp Kantor,
9.,No. Telp Rumah,
10.,No. Hp,

VISI

Terwujudnya peningkatan penyelenggaraan pemerintahan guna mendukung percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat

MISI

Mewujudkan Penyelenggaraan Pemerintahan Yang Profesional, Rensponsif Dan Inovatif

PROGRAM KERJA

1. Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
2. Penigkatan Sarana dan Prasarana Aparetur
3. Penataan Daerah Otonomi Daerah Baru
4. Pelayanan Administrasi Perkantoran
5. Pengembangan Data/ Informasi
6. Perencanaan Pembangunan Daerah
7. Peningkatan Pembangunan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja Dan Keuangan
8. Peningkatan Pelayanan Kedinasan KDH/ WKDH
9. Peningkatan Kerja Sama Antar Pemerintah Daerah
10. Pembinaan Dan Pemasyarakatan Olahraga
11. Peningkatan Disiplin Aperatur
12. Perencanaan Tata Ruang
13. Peningkatan Dan Pengembangan Pengelolaan Keuangan Daerah
14. Penyelesaian Konflik-konflik Pertahanan

CAPAIAN-CAPAIAN

1. Program Peningkatan Kapasitas sumber daya aperatur :

program peningkatan kapasitas sumber daya aperatur dilaksanakan melalui kegiatan bimbingan tekhnis piñata ushaan Keuangan untuk Perangkat Kecamatan dan perangkat Kelurahan. Keegiatan di laksanakan di Hotel Panorama dan di ikuti oleh Kasih Pemerintah serta kasubag Umum dan Kepegawaian Kecamatan serta Kabupaten Jember. Sedangkan untuk perangkat Kelurahan dihadiri oleh Lurah dan Kasi Pemerintah.

2. Program peningkatan disiplin aperatur :

Program peningkatan disiplin aperatur dilaksanakan melalui kegiatan pengadaan batik, training dan sepatu olahraga bagi unsur staf dan pimpinan Bagian Pemerintahan Umum Setkab Jember.
3. Program Penataan daerah otonom baru :
Program penataan daerah otonom baru dilaksanakan melalui kegiatan Fasilitasi percepatan penyelesaian tapal batas wilayah administrasi antar daerah dan kegitan fasilitas pematapan SOTK pemerintahan daerah otonom baru;

4. Program Peningkatan sarana dan prasarana aperatur :

Program peningkatan sarana dan prasarana aperatur dilaksanakan melalui 2 kegiatan yaitu kegiatan Pengadaan kendaraan dinas/ operasional dan kegiatan Pengadaan tanah;

5. Program penyelesaian konflik-konflik pertahanan :

Guna memfasilitasi upaya penyelesaian permasalahan dan sengketa pertanahan di Kabupaten Jember maka di tetapkanlah Kegiatan Fasilitas penyelesaian konflik-konflik pertahanan

6. Program pelayanan administrasi perkantoran :

Program pelayanan administrasi perkantoran ditunjukkan untuk memperlancar pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Bagian Pemerintahan Umum Setkab Jember;

7. Program pengembangan data/ informasi;

Tujuan dari Program Pengembangan data/ informasi ialah umtuk menciptakan transparansi penyelenggaraan pemerintahan daerah melalui penginformasian laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada masyarakat. Implementasi program ini di wujudkan melalui pencetakan buku ILPPD (Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah) sebanyak 120 buku dan di sebarkan kepada masyarakat melalui badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat;

8. Program perencanaan pembangunan daerah:

Guna menciptakan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah sebagai salah satu upaya untuk dalam menyelenggarakan pemerintahan di Kabupaten Jember maka ditetapkanlah Program Perencanaan Pembangunan Daerah. Melalui program ini pada tahun 2011 di susunlah buku LPPD(Laporan Penyelenggarakan Pemerintahan Daerah)Kabupaten Jember sebanyak 15 buku. Buku tersebut kemudian di sampaikan kepada Pemerintahan Provinsi jawa timur dan Pemerintah Pusat sebagai bentuk pertanggung jawaban penyelenggaraan pemerintahan daerah yang dilaksanakan di Kabupaten Jember.

9. Program peningkatan pengembangan system pelaporan capaian kinerja dan keuangan:

Program peningkatan pengembangan system pelaporan capaian kinerja dan keuangan dilaksanakan melalui kegiatan, sebagai berikut;

a) Kegiatan Penyusunan RKA dan RAPBD SKPD :
Dengan adanya kegiatan ini maka RKA dan DPA SKPD Bagian Pemerintahan Umum tahun 2012 dapat tersusun;
b) Kegiatan Implementasi Sistem Administrasi dan Penatausahaan Keuangan SKPD:
Dilaksanakan upaya sebagai untuk memenuhi honorarium pengelola keuangan dan barang selama satu tahun.

10. Program peningkatan pelayanan kedinasan KDH/WKDH :

Program peningkatan pelayanan kedinasan KDH/WKDH dilaksanakan melalui kegiatan sebagai berikut :
a) Kegiatan Penerimaan Kunjungan Kerja Penjabat Negara/Departemen;
b) Kegiatan Rapat Koordinasi Pejabat Pemerintahan Daerah.

11. Program peningkatan kerja sama antar pemerintah daerah :

Program peningkatan kerja sama antar pemerintahan Kabupaten Jember dilaksanakan melalui wadah kerjasama Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia yang di kenal dengan APKASI (Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia). Sebagai Koordinasi wilayah APKASI Propinsi Jawa Timur, Kabupaten Jember berkewajiban untuk menyelenggarakan rapat kerja setiap tahunnya;

12. Program pembinaan dan pemasyarakatan olahraga :

Dalam rangka menjalin hubungan yang harmonis antar Pemerintah Kabupaten Jember dengan Unsur Muspida maka dilaksanakanlah olahraga integrasi Bupati bersama Muspida melalui kegiatan Peningkatan Kesejahteraan Jasmani dan rekreasi.

13. Program perencanaan tata ruang :

Dalam rangka menginventarisasi pulau-pulau serta objeck alam yang dapat di kategorikan sebagai rupa bumi (misalnya sungai, bukit, gunung) di wilayah Kabupaten Jember maka di laksanakan kegiatan survey dan pemetaan melalui program perencanaan tata ruang

14. Program peningkatan dan pengembangan pengelolaan keuangan daerah :

Program peningkatan dan pengembangan pengelolaan keuangan daerah di wujudkan melalui 2 kegiatan sebagai berikut :
a) Kegiatan Peningkatan Manajemen asset/barang daerah;
b) Kegiatan Revaluasi/appraisal asset/barang daerah;