PENGUATAN EKONOMI MASYARAKAT

Penguatan ekonomi masyarakat hendak dicapai melalui kebijakan-kebijakan sebagai berikut:

  1. Memperluas dan membuka kesempatan investasi sektor riil, serta dukungan pengembangannya melalui kebijakan usaha dan perbaikan infrastruktur,
  2. Melanjutkan pemberian paket-paket subsidi bagi kelompok-kelompok usaha produktif seperti kelompok tani, kelompok pengrajin, kelompok pedagang, dan kelompok usaha kecil lainnya.
  3. Meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana produksi pertanian, serta mendorong berdirinya pengolahan pupuk organik sampai pada tingkat perdesaan melalui gerakan “Go Organik”.
  4. Meningkatkan fasilitasi bagi dunia usaha, termasuk usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM), serta melakukan debirokratisasi pelayanan perijinan investasi.
  5. Meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur ekonomi guna mendorong pertumbuhan ekonomi yang memperluas lapangan pekerjaan.
  6. Melanjutkan fasilitasi dan mediasi kelompok-kelompok usaha dengan lembaga keuangan/perbankan.
  7. Melanjutkan dan memperbesar akses masyarakat miskin terhadap permodalan dan kredit usaha melalui kebijakan yang diarahkan pada pembentukan sistem perbankan alternatif (LKMM/Bank Gakin), sampai ke tingkat dusun.
  8. Mendorong pengembangan agrobinis melalui kemitraan masyarakat petani dan dunia usaha.