Jember Kota Pandhalungan

Puncak Peringatan Hari Pendidikan Penuh Kemeriahan

Jember Sport Garden (JSG) Kabupaten Jember menjadi wahana kemeriahan yang dirasakan oleh puluhan ribu guru se-Jawa Timur pada Sabtu (19/11/2016).

Hari itu menjadi puncak peringatan tiga hari besar di dunia pendidikan yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama Pemerintah Kabupaten Jember. Tiga hari besar itu yakni Hari Guru Nasional, Hari Aksara Internasional (HAI) ke-51, dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-71.

“Ada sekitar delapan tari, yang beberapa diantaranya tari kolosal,” jelas Supriyono, Ketua PGRI Kabupaten Jember di sela-sela kesibukanya. “Semuanya dibawakan oleh siswa-siswi kita,” imbuhnya.

Gelar puncak peringatan dimulai pagi pukul 07.00. Para pelajar Jember memberikan sajian tarian kolosal. Seperti Reog Ponorogo yang diperagakan ratusan pelajar SMA Bima Ambulu.

Tarian lainnya yakni Barongsai yang disajikan oleh puluhan pelajar SMK Santo Paulus. Demikian juga dengan Leang Leong dibawakan oleh para pelajar SMK Santo Paulus.

Grup musik patrol pelajar SMA Negeri 2 juga tampil memukau dengan suara merdu vokalisnya. Para guru yang dekat dengan tribun hiburan bahkan menyempatkan diri foto bersama dan selfi.

Grup hadrah dari SMK Kencong juga tak kalah menawan. Suara merdu lantunan shalawat mampu membuat guru hikmad dan teribur. Sebab, ada kolaborasi shalawat dengan syair ulang tahun PGRI dan guru. Grup ini pula yang menyambut kedatangan Wakil Gubernur Jawa Timur, HM. Saifullah Yusuf.

Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, puluhan ribu guru yang memadati stadion baru milik Jember itu dihibur dengan tarian kolosal lagi: Tari Gebyar. Tari ini diperagakan oleh ratusan murid SMA Negeri 2.

Paduan suara mahasiswa IKIP PGRI Jember dan Himpaudi (Himpunan Pendidik Anak Usia Dini) Jember juga menyumbangkan suaranya.

Bahkan Wakil Gubernur yang akrab disapa Gus Ipul itu membawa musisi, yang menggugah semangat para guru dengan lagu yang dilantunkan di tengah-tengah Gus Ipul berpidato: Bongkar. “Bongkar..!!” teriak seorang guru menggunakan pengeras suara, meski Gus Ipul telah kembali berpidato. (*F2)

No Response

Leave a reply "Puncak Peringatan Hari Pendidikan Penuh Kemeriahan"