Campak Rubella

Puskesmas Wajib Lakukan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat

Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief menegaskan Puskesmas harus mampu berkompetisi dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Kompetisi merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari, menjadi wajib,” tutur Wabup dalam pengarahannya pada Diklat Akreditasi Puskesmas Angkatan II Pemprov Jatim di Kabupaten Jember.

Puskesmas, lanjut Wabup, harus mampu melakukan peningkatan kinerja yang bisa diukur dan terdokumentasi. Diklat akreditasi pun menjadi penting sebagai upaya peningkatan mutu pelayanan Puskesmas.

“Peningkatan dalam jaman modern saat ini harus dapat dilihat dalam indikator-indikator,” jelas Wabup, Senin (4/08/2017).

Peningkatan mutu harus sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Wabup juga berharap peserta mengikuti diklat dengan niat menambah ilmu pengetahuan, yang pasti akan bermanfaat bagi orang lain.

“Diklat ini juga diharapkan muncul team work yang handal di Puskesmas, melahirkan tenaga tenaga terlatih dan menjadi team work,” harap Wabup.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkab Jember Ruslan Abdul Ghani menyampaikan diklat akreditasi diikuti sepuluh Puskesmas yang mengirimkan tiga pegawai negeri sipilnya, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Diklat berlangsung selama sepuluh hari dan dilaksanakan di Balai Diklat Aparatur Pemerintah Kabupaten Jember.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Bidang Diklat Fungsional dan Sosial Kultural Badiklat Provinsi Jawa Timur Dr. Sucipto, SH., MSi., menjelaskan tujuan akreditasi untuk memunculkan trust (kepercayaan) dan legitimasi masyarakat terhadap kinerja pelayanan.

“Trust dan partisipasi penting untuk pembangunan,” tambah Sucipto dalam sambutannya.

Ditegaskannya, kesehatan merupakan urusan wajib karena pelayanan dasar sehingga menjadi isu yang sangat strategis. “Legitimasi masyarakat tergantung kinerja pelayanan, apalagi Puskesmas menjadi garis depan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Sucipto berharap usai mengikuti diklat,peserta mampu menjadi pendamping di Puskesmas masing-masing untuk akreditasi. (*f2)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Comments are closed.